Sukses

Dunia Akan Rayakan Runtuhnya Tembok Berlin

Hari ini, para pemimpin dunia akan bergabung dengan ribuan rakyat Jerman untuk memperingati 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin di Gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman.

Liputan6.com, Berlin: Hari ini (9/11), para pemimpin dunia akan bergabung dengan ribuan rakyat Jerman untuk memringati 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Peristiwa bersejarah itu membuka era Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.

Perayaan utamanya akan diadakan di Gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman. Bangunan itu merupakan simbol reunifikasi Jerman Barat dan Timur pada 1990. Aksi penggulingan domino raksasa akan digelar untuk menggambarkan bagaimana pemerintah komunis di Eropa Timur jatuh satu per satu pada 1989.

Seperti dilansir BBC, Komunis Jerman Timur mendirikan dinding beton sepanjang 155 kilometer 1961 untuk mengelilingi Berlin Barat. Dinding ini dibangun guna mencegah orang Jerman Timur melarikan diri ke daerah kapitalis tersebut.

Lebih dari 100 orang diyakini telah terbunuh di sekitar dinding ketika mencoba melarikan diri. Kendati demikian, dinding itu secara tak terduga dibuka pada 9 November 1989, setelah para demonstran melakukan aksi protes prodemokrasi selama beberapa pekan.

Acara tersebut akan dipimpin oleh Kanselir Jerman yang dibesarkan di Jerman Timur, Angela Merkel. Pekan lalu, Merkel mengatakan, runtuhnya Tembok Berlin merupakan "hari paling bahagia dalam sejarah Jerman belakangan ini".

Beberapa petinggi negara di seluruh dunia yang diundang, di antaranya Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, mantan Presiden Polandia Lech Walesa, mantan Perdana Menteri Hongaria Miklos Nemeth, dan mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev.(IRN/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini