Sukses

Lolos dari Maut, Pria Ini Memiliki 'Bunga' di Matanya

Lensa mata yang seharusnya berwarna bening, berubah menjadi berkabut dan seperti memiliki bentuk bunga...

Liputan6.com, New Delhi - Seorang pria di India dikejutkan oleh perubahan yang terjadi pada bola mata kirinya. Lensa mata yang seharusnya berwarna bening, berubah menjadi berkabut dan seperti memiliki bentuk.

Awalnya dia tidak berpikir ada yang aneh dengan mata kirinya, namun penglihatannya semakin memudar dalam beberapa bulan belakangan.

Tidak nyaman dengan keadaan itu, pria 30 tahun itu pun memeriksakan matanya ke dokter.

Dikutip dari Foxnews.com, Rabu (11/5/2016), setelah menemui dokter mata, pria tersebut kemudian dinyatakan menderita katarak traumatik yang terbentuk akibat dari kecelakaan maut yang pernah dialaminya.

Dokter menduga, penyebab utama terbentuknya katarak itu adalah kecelakaan sepeda yang pernah dialaminya 3 bulan lalu.

"Pada saat itu aku menderita gegar otak dan cedera pada mata kiri. Aku mengendarai sepeda tanpa helm dan bertabrakan dengan mobil," kata pria yang tidak ingin namanya disebutkan.

Hasil pemeriksaan memperlihatkan pria itu memiliki katarak berbentuk bunga dengan 10 kelopak di mata kirinya.

Dokter menyarankan pria India itu untuk melakukan operasi katarak, namun hingga saat ini pria tersebut belum menjalani operasinya. 

Katarak bisa terbentuk akibat adanya benturan pada mata, yang disebut katarak traumatik. Biasanya berbentuk seperti bintang atau bunga.

Seorang dokter mata di Rumah Sakit Lenox Hill, New York, Dr. Mark Fromer, mengatakan, katarak traumatik terbentuk karena adanya benturan yang keras pada mata.

Benturan itu kemudian membuat gelombang kejut dan merusak lensa mata, sehingga menyebabkan buram di beberapa bagian. 

Pada tahun 2013, seorang pria di Australia ditemukan memiliki katarak berbentuk bintang, setelah mendapatkan pukulan di matanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini