Sukses

Kilatan Cahaya Mengenai Pesawat di Saudi, Tersambar Petir?

Seorang pakar mengatakan bisa saja petir memang menyambar pesawat. Tapi koran Ajel melaporkan bahwa serangan itu meleset.

Liputan6.com, Hail - Salah satu yang ditakuti dalam penerbangan adalah cuaca buruk termasuk petir. Sebab hal itu bisa jadi bahaya tersendiri bagi dunia tersebut. Kendati demikian sulit menghindari hal-hal seperti itu meski kini teknologi semakin canggih. 

Seperti terjadi dengan burung besi satu ini. Saat itu, pesawat terbang tengah mengudara di barat laut Arab Saudi. Kapal tersebut dilaporkan tersambar petir saat mengangkasa di tengah badai.

Dalam rekaman amatir yang diambil oleh seseorang di atas langit barat laut Kota Hail, Arab Saudi, terlihat cahaya sambaran petir. Namun tak diketahui pasti apakah benar guntur mengenai pesawat itu.

Seorang pakar mengatakan bisa saja petir memang menyambar pesawat. Tapi koran Ajel melaporkan geledek itu meleset.

"Sulit memastikannya jika hanya melihat dari rekaman, tapi petir bisa saja menyambar pesawat," jelas Richard Taylor dari Civil Aviation Society seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (10/5/2016).

"Pesawat sebenarnya dirancang untuk menahan efek sambaran petir, dan kerusakan fisik yang signifikan pada badan pesawat sangat langka terjadi. Keselamatan pesawat udara dalam penerbangan biasanya tidak terpengaruh," imbuh Taylor.

Sejak diunggah ke salah satu situs berbagi video, tayangan tersebut telah dilihat lebih dari 140 ribu kali dilihat dan banyak dikomentari.

Sejauh ini belum diketahui pasti maskapai penerbangan apa yang terlihat dalam rekaman tersebut. Kendati demikian tidak ada korban luka yang dilaporkan setelah tayangan itu beredar.

Berikut rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.