Sukses

Serangkaian Tornado Terjang Oklahoma, 2 Warga Tewas

Cindy Fay dari National Weather Service di Hastings mengatakan, ada tiga tornado mendarat Senin sore dekat kota Fairfield dan Clay Center.

Liputan6.com, Oklahoma - Beberapa tornado mendarat di Oklahoma pada Senin 9 April 2016 waktu setempat. Dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat bencana alam tersebut.

"Seorang pria yang diyakini berusia di akhir 70-an ditemukan tewas di Wynnewood -- di sebelah selatan Oklahoma City," Direktur d arurat di Garvin County, Oklahoma, Bud serudukan seperti dikutip dari Fox News, Selasa (10/5/2016).

Fox 25 melaporkan, kematian lainnya dilaporkan terjadi di Johnston County.

Peramal cuaca bahkan mengeluarkan peringatan darurat tornado bagi masyarakat di timur Wynnewood, sebab diperkirakan akan terjadi badai yang dahsyat.

Storm Prediction Center di Norman, Oklahoma juga memperingatkan bahwa ada risiko tornado besar bisa berkembang di bagian-bagian selatan Plains dan Ozarks di akhir hari Senin.

Serangkaian badai memicu tornado di dekat Oklahoma City dan di South Hill.

"Anda berada dalam situasi yang mengancam jiwa," kata peramal tornado ketika mengumumkan keadaan darurat tornado untuk Roff populasi 725, dan Hickory populasi 71. "Puing-puing terbang berdampak mematikan bagi mereka yang tak berada di dalam bangunan."

Tayangan televisi menunjukkan setidaknya tiga rumah hancur, beberapa kendaraan terbalik dan pohon tumbang. Atap rumah terlihat tergeletak dekat gudang jerami setelah ada laporan tornado pertama dari dekat Wynnewood sepanjang Interstate 35.

Dana Lance yang mengemudi melintasi Pontotoc County, Roff dalam perjalanan pulang kerja hari Senin, mengaku saat itu langit mulai gelap. Ia lalu mendengar sirene tornado dan peramal di radio mendesak orang di daerah itu untuk berlindung.

"Saya parkir dan pergi ke bangunan sekolah, yang memiliki ruang aman," kata Lance. "Ada anak-anak dan orang tua, anjing dan kucing, bayi. Rasanya seperti seluruh kota ada di sana."

Oklahoma Highway Patrol ditutup lima mil dari jalan utama antara Oklahoma City dan Dallas ketika badai mendekati. Dibuka lagi sekitar 15 menit kemudian.

"Tornado yang melanda Nebraska selatan menyebabkan beberapa kerusakan pada sebuah sekolah tinggi di pedesaan," Jelas Dinas Cuaca Nasional.

Cindy Fay dari National Weather Service di Hastings mengatakan, ada tiga tornado mendarat Senin sore dekat kota Fairfield dan Clay Center.

Sandra Nejezchleb, kapten unit ambulans di Dinas Pemadam Kebakaran Fairfield mengatakan tidak ada siswa terluka di SMA Sandy Creek di pedesaan Fairfield. Tetapi jendela mobil van dan kendaraan lainnya rusak di tempat parkir.

Tenda-tenda di teras sekolah dan alat irigasi juga rusak.

Ahli meteorologi setempat mengatakan, tornado tersebut memiliki kecepatan angin di atas 111 mph kemungkinan dari Oklahoma Timur ke Arkansas. Hujan es dengan diameter 2 inci atau lebih juga diperkirakan terjadi dari Texas Timur ke Tenggara Kansas.

Sekitar 41 juta orang dari Houston ke Kota Sioux, Iowa, beresiko dilanda serangkaian badai.

Sementara ancaman itu berkurang ketika mengarah ke utara, peramal cuaca justru mengeluarkan peringatan tornado di dekat Lincoln, Nebraska.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini