Sukses

Foto Menakjubkan Penari Balet Simbol 'Perjuangan' Rakyat Kuba

Foto-foto karya fotografer ternama di dunia, Omar Robles menggambarkan kesulitan ekonomi dan sosial yang dihadapi warga Kuba saat ini.

Liputan6.com, Havana- Seorang fotografer ternama di dunia barat, Omar Robles menghabiskan sebagian besar waktunya setahun terakhir kemarin berkeliling dunia dan memotret penari balet di sejumlah lokasi unik yang mempunyai konsep kekinian dan menggambarkan hidup perkotaan.

Proyek terakhirnya ia lakukan di negara di mana tarian balet dijadikan salah satu hal menonjol dalam perkembangan industri seni di Kuba. 

karya fotografer terkenal asal Puerto Rico Omar Robles (sumber:instagram)

“Perusahaan-perusahaan balet di Kuba merupakan sarang bagi penari-penari balet terbaik di dunia,” kata Robles, mengutip dari Huffingtonpost.

Menurutnya, ada beberapa faktor kunci yang menjadi alasan utama kenapa negara ini dipenuhi oleh begitu banyak penari balet hebat. 

“Yang pertama mungkin karena teknik menari sudah dikuasai penuh oleh mereka yang berdarah Afro-Karibian,” jelasnya.

Alasan kedua menurutnya adalah, selain sudah menjadi hal yang mendarah daging bagi komunitas pecinta balet di dalam negeri ini, jumlah sekolah latihan balet di Kuba sebagai warisan kultur Rusia banyak.

“Gambar-gambar yang ia bidik dengan teliti di banyak jalanan pulau tersebut tidak hanya menonjolkan latar belakang indah negara itu tetapi juga berperan sebagai simbol dari kekuatan warga setempat dalam menghadapi masalah sosial dan ekonomi yang ada,” Lanjut Robles.

karya fotografer terkenal asal Puerto Rico Omar Robles (sumber:instagram)

Perjuangan rakyat Kuba tercermin dalam gerakan yang kuat dan elegan pada setiap penari balet yang ia foto. Hasil bidikannya juga menunjukan kemauan rakyat Kuba  untuk bertahan hidup dan berkembang di bawah kondisi sosial dan ekonomi yang kurang layak dan kerap kali tak menentu.

Melansir dari New York Times, selain dianugerahi oleh begitu banyak penari balet yang mahir, Kuba juga merupakan rumah bagi penari-penari salsa dan rumba. Kehidupan sehari-hari warga Kuba sering disebut sebagai la lucha (perjuangan) karena itu menari adalah cara mereka untuk mengekspresikan perjuangan itu di masa-masa sulit. 

Omar Robles

Sosok Omar Robles memang belum begitu populer di kawasan Asia namun ia sudah dikategorikan sebagai salah satu yang paling dihargai karyanya di sejumlah negara barat.

karya fotografer terkenal asal Puerto Rico Omar Robles (sumber:instagram)

Robles yang berasal dari Puerto Rico ini berdomisili di kota New York, AS. Karyanya seringkali digunakan oleh media masa internasional seperti The Huffington Post, The Daily Mail, Design Taxi dan Harpers Bazaar. Terlebih, karyanya juga telah menginspirasi brand-brand tertentu seperti Fujilfilm, Gap, Apple Music, Esprit, The Guatemala Tourism Board dan Esquire Magazine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini