Sukses

Situs Bank Sentral Yunani Dibajak Hacker Anonymous

Pembajak situs Bank Sentral Yunani itu menggunakan topeng wajah dengan senyum besar, pipi merah dan kumis lebar di kedua ujungnya.

Liputan6.com, Athena - Situs Bank of Greece atau Bank Sentral Yunani menjadi sasaran serangan cyber oleh kelompok hacker Anonymous pada Selasa waktu setempat. Pembajakan itu mengakibatkan pelayanan online terganggu.

"Serangan ke Bank Sentral Yunani itu berlangsung selama beberapa menit dan berhasil ditangani oleh sistem keamanan bank. Satu-satunya hal yang terpengaruh oleh serangan denial-of-service adalah website kami," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/5/2016).

Kelompok Anonymous itu dilaporkan berasal dari 2003, mengadopsi topeng Guy Fawkes sebagai simbol untuk membajak secara online. Penutup wajah itu memiliki senyum besar, pipi merah dan kumis lebar di kedua ujungnya.

"Olympus akan jatuh. Beberapa hari yang lalu kami menyatakan kebangkitan operasi Icarus. Hari ini kami melanjutkan dengan membajak website Bank of Greece," kelompok hacker tersebut mengatakan dalam sebuah video di sebuah situs berbagi video.

"Ini menandai awal dari kampanye 30 hari terhadap situs bank sentral di seluruh dunia," imbuh kelompok peretas itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.