Sukses

Filipina Dukung Inisiatif Kerjasama RI Lawan Abu Sayyaf

Menteri Luar Negeri Filipina, Jose Rene Almendras mengaku sangat tertarik dengan pertemuan trilateral yang dilakukan di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Filipina, Jose Rene Almendras mendukung inisiatif Indonesia untuk pengamanan perairan bersama. Hal itu tercermin dalam pengiriman perwakilan dalam pertemuan trilateral yang akan dilaksanakan di Istana Yogyakarta, Kamis 5 Mei 2016.

"Kami di sini membuktikan bahwa Filipina sangat tertarik dan mau bergabung dengan diskusi besok," tegas Jose, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Rabu (4/5/2016).

‎Pertemuan mendatang, lanjut Jose, harus mampu menghasilkan solusi terkait masalah keamanan perairan saat ini. Apalagi ada kelompok bersenjata Abu Sayyaf yang menjadi momok menakutkan di sekitar perairan Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

"Solusinya bukan sekadar pembicaraan tingkat tinggi saja, tapi bisa diterapkan di lapangan," tutur dia.

"Filipina sangat tertarik dan mendukung sepenuhnya inisiatif untuk mengadakan sebuah kerjasama untuk melawan kelompok bersenjata (Abu Sayyaf)," tegas Jose.

Pertemuan 2 menteri ini dilakukan sebagai pembuka sebelum pertemuan trilateral yang melibatkan Indonesia, Filipina, dan Malaysia di Yogyakarta, pada Kamis 5 Mei mendatang.

"Pertemuan level teknis yg terakhir akan dilakukan pada Rabu (4 Mei) untuk rekap negosiasinya sehingga pada Kamis, insya Allah mudah-mudahan akan ada hasilnya," kata [Menlu Retno](Filipina sangat tertarik dan mau bergabung dengan diskusi besok," ""), Selasa 3 Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini