Sukses

Wakil Menteri Pengembangan Ekonomi Rusia: Pebisnis RI Harus Aktif

Wakil Menteri Pengembangan Ekonomi Rusia, Alexei Likhacev mengunjungi Jakarta pada tanggal 2-3 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta- Jalinan kerjasama antara Indonesia dan Rusia dalam berbagai macam sektor merupakan sebuah bukti bahwa kedua negara mengakui dan mempercayai potensi satu sama lain. Upaya untuk selalu menjaganya juga membuktikan bahwa hubungan mulus antara keduanya kerap kali membuahkan hasil yang positif dan akan terus berkembang.

Sejauh ini, ada sejumlah sektor penting yang mendasari jalinan  kerjasama antara Indonesia dan Rusia. Di antaranya adalah sektor ekonomi, perdagangan, industri, bisnis dan energi. Menyikapi perkembangan yang ada dalam sektor-sektor tersebut, Wakil Menteri Pengembangan Perekonomian Rusia Alexey Likhacev melakukan dua hari kunjungan ke Jakarta pada tanggal 2-3 Mei 2016. Kedatangannya didasari oleh sejumlah alasan penting. 

Salah satu alasan utamanya adalah untuk meningkatkan kerjasama baru antara pelaku bisnis dari kedua negara. Kerjasama di bidang ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap pengembangan ekonomi dan sektor lainnya.

“Saya berharap kunjungan ini dapat membantu mendorong terlaksananya agenda kedua negara dalam segi ekonomi,” kata Alexey saat konferensi pers di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa 2 mei 2016.

Menurutnya, peran pelaku bisnis dewasa ini semakin penting untuk membantu merealisasikan program pemerintah. Dengan terbentuknya kerjasama antar pebisnis dari kedua negara dalam sektor infrastruktur, investasi, perdagangan, energi dan transportasi, kemajuan ekonomi di kedua negara tentunya bisa diwujudkan. 

“Selain perwakilan pemerintah Rusia, banyak pebisnis dari negara kami yang sudah datang ke Indonesia untuk berkontribusi dalam pelaksanaan lebih dari 30 proyek,” ungkapnya.

Alexey ingin para pebisnis Indonesia untuk turut berperan lebih aktif dalam proyek yang dikepalai oleh kedua negara ini. Ia sangat mengharapkan kehadiran delegasi dari Indonesia dalam perhelatan ASEAN-Russia Business Forum di Sochi, Laut Hitam yang akan digelar pada tanggal 19 Mei nanti. 

“Acara ini merupakan sebuah wadah bagi para pelaku bisnis antar negara yang hadir untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dan juga untuk menciptakan kerjasama baru. Karena itu saya harap para pebisnis dari Indonesia mau hadir,” lanjutnya. 

Sebelumnya, Alexei juga sempat melakukan pertemuan dengan beberapa menteri Indonesia seperti Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. Mereka mendiskusikan sejumlah proyek antar kedua negara yang sedang berjalan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.