Sukses

3 Bom Meledak Dekat Situs Suci Baghdad, 14 Tewas

Beberapa dari korban adalah peziarah melewati daerah dalam perjalanan mereka ke tempat suci di Baghdad.

Liputan6.com, Baghdad - Tiga bom meledak di Baghdan dan sekitarnya. Menewaskan sedikitnya 14 orang, termasuk jemaah Muslim Syiah yang tengah berziarah di ibukota itu.

"Ledakan terbesar, dari bom mobil yang diparkir di distrik Saydiya Baghdad selatan, menewaskan 11 dan melukai 30," kata sumber-sumber di sekitar lokasi kejadian seperti dikutip dari Reuters, (2/6/2016).

Beberapa dari korban adalah peziarah yang tengah melintasi kawasan itu dalam perjalanan ke tempat suci Imam Moussa al-Kadhim, cicit Nabi Muhammad.

Bahan peledak itu dilaporkan ditanam di tanah di Tarmiya, 25 km utara Baghdad. Dua orang tewas dan dan enam lainnya cedera. Sementara bom di pinggir jalan di Khalisa, sebuah kota 30 km di selatan kota itu, menewaskan satu orang dan melukai 2 lainnya.

Sejauh ini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan bom tersebut, namun ISIS yang memerangi pasukan Irak di utara dan barat kerap menargetkan petugas keamanan dan warga sipil Syiah yang mereka anggap murtad.

Militan pendahulunya, Al Qaeda kerap menjadi biang keladi serangan yang ditujukan ke peziarah Syiah, termasuk ledakan pada 2012 yang menewaskan 70 orang.

Keamanan telah berangsur-angsur membaik di Baghdad-- wilayah yang kerap menjadi target pemboman beberapa dekade lalu. Namun beberapa hari terakhir kembali terjadi serangkaian ledakan, termasuk serangan bunuh diri pada hari Sabtu 29 April yang menewaskan 19 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini