Sukses

Bandara Ini Sediakan Toilet Khusus untuk Anjing

Demi menjaga kebersihan dan kesehatan, bandara di kota ini menyediakan toilet khusus bagi anjing yang ikut bepergian bersama pemiliknya.

Liputan6.com, New York - Dengan adanya penumpang penerbangan yang membawa hewan peliharaan mereka, sejumlah bandara mencoba memberikan pelayanan tambahan berupa toilet khusus untuk hewan peliharaan--terutama anjing.

Baru-baru ini, Bandara John F. Kennedy (JFK) di Kota New York menyediakan fasilitas tambahan tersebut. Bandara JFK adalah salah satu bandara paling sibuk di AS. 

Dikutip dari Boston Globe pada Senin (2/5/2016), ruangan yang luasnya hanya sekitar 6,5 meter persegi ini dibangun di Terminal 4 dan memungkinkan anjing dan sejumlah hewan peliharaan lainnya untuk membuang hajat tanpa memaksa pemiliknya keluar dari wilayah aman bandara.

Dengan tingkat pemeriksaan keamanan yang semakin ketat, membawa hewan peliharaan ke luar gedung tentu merepotkan karena pemiliknya harus diperiksa ulang dengan prosedur yang ketat dan cukup lama.

“Kami menyaksikan bertambahnya jumlah penumpang yang membawa hewan peliharaan dan memutuskan untuk melakukan hal ini sesegera mungkin,” kata Susana Cunha, wakil presiden di perusahaan manajemen yang mengelola terminal.

Peraturan federal mensyaratkan semua bandara yang melayani lebih dari 10 ribu penumpang per tahun agar menyediakan fasilitas toilet khusus untuk hewan peliharaan di setiap terminal sebelum Agustus tahun ini.

Sejumlah bandara di AS yang telah memiliki fasilitas tersebut antara lain bandara internasional Dulles di dekat Kota Washington DC, O’Hare, di Kota Chicago, dan Seattle-Tacome.

“Ketika melakukan penerbangan panjang dengan waktu transit yang singkat, para penumpang tidak memiliki cukup waktu untuk berganti pesawat kalau kembali lagi melalui pemeriksaan keamanan,” kata Karen Greis, manajer layanan pelanggan untuk Guide Dog Foundation, suatu lembaga nirlaba yang melatih anjing-anjing. Lembaga itu juga terlibat dalam rancangan fasilitas baru tersebut.

“Dengan adanya toilet khusus hewan peliharaan di dalam terminal tentunya mengurangi stres bagi pemiliknya.”

Kata seorang penumpang bernama Taylor Robbins, “Tempatnya bersih, bermanfaat, dan anjing saya sepertinya mengerti cara penggunaannya. Tanpa ini, ia harus menahannya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini