Sukses

Aneh, Bir Ini Dibuat Dengan Ragi dari Daki Pusar Manusia

Ragi adalah ragi, tidak peduli berasal dari hal yang menjijikan sekalipun.

Liputan6.com, Melbourne - Ada-ada saja cara orang membuat bir yang unik. Beberapa waktu lalu, ada suatu perusahaan Polandia yang mencoba membuat bir menggunakan bakteri yang berasal dari liang kelamin seorang wanita cantik model foto.

Kali ini, di negara bagian Victoria, Australia, dalam pusar manusia. Mereka menamai produknya Belly Button Beer.

Dikutip dari 9news.com.au pada Sabtu (30/4/2016), Doug Bremner, salah seorang pendiri 7 Cent Brewery mengatakan bahwa jenis ragi yang dipakai telah dipelajari dan ditumbuhkembangkan secara teliti supaya steril.

“Sungguh-sungguh aman. Ragi adalah ragi, bir ini tidak ada bedanya dengan yang ada di luaran, “kata Bremmer kepada 9news.com.au.

Ia dan kawan-kawannya mencoba sendiri produk mereka. “Sebelumnya kami tidak terlalu yakin apakah ini akan berhasil dan kami tercengang karena memang bisa.”

Karena yakin dengan proses dan penelitian yang telah dilakukan, mereka tidak khawatir menjadikan dirinya sebagai percobaan. “Proses isolasi jenis ragi kami sendiri mencakup pengusapan contoh dari pusar masing-masing pembuat bir, lalu memeriksanya pada cawan-cawan agar,” demikian menurut pernyataan Brendan Baker dan Matthew Boustead.

Ragi adalah ragi, tidak peduli berasal dari bagian tubuh manapun. Pembuatan Belly Button Beer di 7 Cent Brewery. (Sumber 9news.com.au)

“Setelah inkubasi di cawan, kami menyaksikan ada berbagai macam yang berkembang, termasuk beberapa koloni ragi. Kendali positif dipakai untuk mengenali koloni-koloni ragi, sedangkan kendali negatif untuk memastikan bahwa teknik kami steril.”

Gagasan tidak biasa ini diilhami oleh Beard Beer yang dibuat dari ragi yang ada pada janggut-janggut pembuat bir Rogue di negara bagian Oregon, AS.

Mengenai rasa bir daki pusar ini, pembuatnya mengatakan, “gayanya antara Witbier dunia baru, campur Belgia, dengan sentuhan jeruk segar dan biji ketumbar yang disangrai.”

Ragi adalah ragi, tidak peduli berasal dari bagian tubuh manapun. Tambahan rasa untuk Belly Button Beer di 7 Cent Brewery. (Sumber 9news.com.au)

“Ada empat jenis jelai yang dipakai untuk menambah rasa dan kompleksitasnya, yaitu barley, gandum, oat, dan gandum hitam.” Rasa unik gandum berasal dari jenis ragi yang memang benar-benar untik,

Hal ini bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh 7 Cent Brewery yang baru berusia 3 tahun itu. Pada awalnya mereka adalah sekawanan insinyur yang membuat sendiri bir mereka untuk keperluan pesta.

Mereka berniat memperkenalkan Belly Button Beer dalam perhelatan 2016 Great Australasian Beer SpecTAPular (GABS), di Melbourne dan Sydney bulan depan. Mungkin nantinya bisa dibeli di sana, “kalau mendapat tanggapan yang lumayan,” kata Bremmer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini