Sukses

Petani Tiongkok Sulap Lempengan Besi Berkarat Jadi Kapal Selam

Hebatnya lagi, pria paruh baya itu membuatnya dari lempengan-lempengan besi bekas yang telah berkarat.

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang petani di Ma'anshan, kota industri yang terletak di tepi selatan Sungai Yangtze, China, berhasil membuat sebuah kapal selam yang dapat menyelam sedalam 1 meter lebih di bawah permukaan air.

Hebatnya lagi, pria paruh baya itu membuatnya dari lempengan-lempengan besi bekas yang telah berkarat.

Petani itu adalah Zhang Shenwu. Berawal dari apa yang dilihatnya di televisi, Zhang mampu
mewujudkan mimpinya membangun sebuah kapal selam meski harus merogoh kocek sebesar 5.000 yuan atau sekitar Rp 10 juta.

Hebatnya lagi, pria paruh baya itu membuatnya dari lempengan-lempengan besi bekas yang telah berkarat.(Shanghaiist.com)

Seperti dilansir dari Shanghaiist.com, Jumat (29/4/201), dibutuhkan waktu sekitar dua bulan bagi Zhang untuk menciptakan kreasinya itu.

"Setiap malam, saya bekerja selama berjam-jam untuk membuatnya. Kapal selam ini memilki panjang 6 meter, tingginya 1,2 hingga 1,5 meter dengan berat sekitar 2 ton," kata Zhang.

Petani itu adalah Zhang Shenwu. Berawal dari apa yang dilihatnya di televisi, Zhang mampu mewujudkan mimpinya membangun sebuah kapal selam meski harus merogoh kocek sebesar 5.000 yuan atau sekitar Rp 10 juta.(Shanghaiist.com)

Belum lama ini petani itu memperlihatkan kapal selam hasil kreasinya kepada teman-temannya. Dari bagian dalamnya hingga mengajak mereka berkeliling di sekitar danau dekat tempat tinggalnya. 

"Di dalamnya memang sedikit sempit. Maklum saja karena biaya pembuatanya tak lebih dari harga jual seekor salamander raksasa," canda Zhang.

Dibutuhkan waktu sekitar dua bulan bagi Zhang untuk menciptakan kreasinya itu. (Shanghaiist.com)

Sebelumnya, petani ini pernah bermimpi untuk membangun sebuah kapal selam yang lebih besar seperti yang pernah dilakukan oleh Du Xiutang, seorang warga dari Kota Yulin, Provinsi Shaanxi.

Kala itu Xiutang mengeluarkan biaya sebesar 300.000 yuan atau sekitar Rp 600 juta untuk
mewujudkan impiannya membuat submarine atau kapal selam. Sayangnya ia kehabisan dana sebelum bisa menyelesaikannya.

Sebelumnya, petani ini pernah bermimpi untuk membangun sebuah kapal selam yang lebih besar seperti yang pernah dilakukan oleh Du Xiutang, seorang warga dari Kota Yulin, Provinsi Shaanxi.(Shanghaiist.com)

Begitu juga Dan Tan Yong dari Danjiangkou, sebuah kota di Provinsi Hubei. Ia membuat kapal selam yang dapat terbang. Namun pada uji coba pertamanya ia gagal membuat kapal selamnya menyelam.

Meski percobaan pertama gagal, tak membuat Dan Tan menyerah. Desain kapal selam berikutnya sukses besar. Kapal tersebut bahkan mampu menyelam hingga ke kedalaman lebih dari 10 meter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.