Sukses

Makhluk Air Misterius Berkepala Buaya Gegerkan Nelayan China

Makhluk tersebut mempunyai moncong pancang seperti buaya dan kulit abu-abu seperti lumba-lumba.

Liputan6.com, Tiongkok - Nelayan di China dikejutkan oleh hasil tangkapan pancingan mereka. Sebab apa yang tersangkut di kail adalah makhluk misterius yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Sempat terjadi perdebatan antara para nelayan mengenai jenis binatang air tersebut. Ada yang menyangka ikan tersebut adalah lumba-lumba, ikan sturgeon dan jenis penghasil telur kaviar.

Menurut Daily Mail, Kamis (28/4/2016), para nelayan itu sedang berada di perairan Zhoushan, timur China, ketika mereka menemukan makhluk misterius itu.

Dari video berdurasi 52 detik yang direkam nelayan, dapat dilihat makhluk tersebut mempunyai moncong pancang seperti buaya dan kulit abu-abu seperti lumba-lumba.

Binatang itu juga mempunyai dua buah kutil di dekat moncongnya. Penjaring ikan menyebutkan, tidak pernah melihat hewan aneh seperti itu sebelumnya.

Majalah alam lokal menyebutkan hewan itu bisa saja jenis paus berparuh (beaked whale) yang biasa ditemukan di laut dalam.

Jenis paus itu dikenal dengan moncongnya yang panjang dan kebiasaan menyelam lebih dalam untuk menemukan makanan.

Dr Stephen D. Simpson, dosen senior di Universitas Exter, mengatakan ikan itu terlihat seperti paus berparuh jantan dari spesies Mesoplodon Densirostris.

"Dua kutil itu sebenarnya adalah tonjolan yang berfungsi untuk menarik perhatian betina," kata Stephen

Binatang misterius itu menarik perhatian banyak pengguna media online, sejak video terjaringnya ikan itu diposting. Sementara pengguna sosial media lainnya bertanya-tanya apa yang terjadi pada ikan tersebut, dimakan atau dikembalikan ke air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.