Sukses

Eks Tukang Kebun Jual Mobil Tua Hillary Clinton Rp 794 Juta

Sebuah mobil model lama yang pernah menjadi milik Hillary Clinton laku dilelang melalui laman lelang internet oleh mantan tukang kebunnya.

Liputan6.com, Gettysburg - Nilai suatu barang biasanya ditentukan berdasarkan biaya pembuatan dan sejumlah alasan masuk akal lainnya. Namun demikian, ada juga alasan-alasan yang tidak masuk akal dan mengacu kepada selera subyektif pembeli.

Sebuah mobil Oldsmobile Cutlass keluaran 1986 seharusnya memiliki harga jual yang sudah sangat rendah sekarang ini, tapi lain halnya kalau mobil tersebut pernah dimiliki seorang tokoh. Harga yang dibayarkanpun menjadi subyektif. 

Seorang pensiunan pegawai kebun Gedung Putih membeli mobil Oldsmobile Cutlass yang dulunya dipakai oleh Hillary Clinton sebelum ia menjadi istri presiden. Pembelian dilakukan melalui lelang pada tahun 2000.

Pada saat membelinya, Mike Lawn berharap agar mobil itu dipakai putrinya untuk berlatih mengemudi. Namun, putrinya yang saat itu berusia 16 tahun menolaknya karena, “Dia bilang terlihat seperti mobilnya wanita tua.”

Dikutip dari New York Daily News pada Rabu (27/4/2016), mobil itu kemudian disimpan di garasi rumahnya di kota Gettysburg, negara bagian Pennsylvania. Pada saat Clinton maju sebagai calon presiden, pria itu berharap dapat memanfaatkan tanda tangan “Hillary Rodham Clinton” yang ada di surat kepemilikan sebelumnya.

Istrinya juga mengatakan “sudah waktunya” menjual mobil itu. “Kami sudah terlalu lama memilikinya” kata Joyce Lawn kepada Evening Sun.

Suaminya membeli mobil itu seharga US$2 ribu pada akhir masa kepresidenan Bill Clinton. Ia menduga mobil ini adalah yang terakhir kalinya dikemudikan sendiri oleh Hillary, karena keberadaan fasilitas jabatan kepresidenan yang mencakup kendaraan serta pengemudi dari Secret Services.

Lawn mengatakan bahwa mobil berwarna abu-abu gelap itu mangkrak selama dua masa jabatan Clinton di halaman selatan Gedung Putih, kecuali ketika Chelsea Clinton mencobanya pada saat belajar mengemudi dan seorang pegawai Gedung Putih memeriksa baterainya. Odometernya masih bertengger di angka 32.800 mil sejak dibeli oleh Lawn.

Ketika dibeli, ia menemukan sejumlah peninggalan kehidupan masa lalu Clinton sebelum pemilihan Senat AS dan upaya pertama menjadi capres pada 2008.

Mobil yang pernah dimiliki Hillary Clinton ini bertaburan kenang-kenangan dari masa sebelum Gedung Putih. (Sumber autoblog.com)

Di jendela belakangnya ada gambar tempel kusam dari tahun 1990 ketika Bill Clinton terpilih kembali sebagai gubernur negara bagian Arkansas. Di dalam laci mobil ia menemukan kacamata hitam motif kura-kura milik Clinton.

Lawn pernah mencoba menyumbangkan mobil ini kepada Clinton Presidential Library di kota Little Rock, negara bagian Arkansas. Namun demikian, para kurator di sana menolaknya dengan alasan Hillary Clinton bukan presiden. Belum, maksudnya.

Ketika ditelusuri di laman lelang eBay, kendaraan itu terjual pada Jumat lalu di angka US$60.100 atau Rp 794 juta.

Sementara itu, dipelajari di laman Autoblog, surat-suratnya masih atas nama Clinton dengan plat nomor negara bagian Arkansas. Pihak asuransi Hagerty menaksir nilainya sekitar US$8.700 Rp 115 juta berdasarkan kondisi mobil, bukan berdasarkan pemiliknya yang tersohor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.