Sukses

5 Hal Tak Terduga Penyebab Mual

Tak hanya karena mabuk kendaraan atau keracunan, ternyata 5 hal tak terduga ini dapat menyebabkan mual.

Liputan6.com, New York - Setiap orang pernah mengalami mual dan hal tersebut tentu saja membuat kita tak nyaman untuk melakukan aktivitas.

Mual dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti mabuk kendaraan, hamil muda, keracunan makanan, dan beberapa penyakit lain.

Namun, mual juga bisa timbul karena ketidakseimbangan kimia dalam tubuh yang berkaitan erat dengan diet atau gaya hidup.

Beberapa orang juga mengalami mual karena efek samping dari obat jenis tertentu, sehingga penting untuk memperhatikan label yang tertera pada obat. Selain itu, terdapat beberapa penyebab mual lainnya.

Seperti dikutip dari Bustle, Selasa (26/4/2016), berikut 5 hal tak terduga yang ternyata dapat menyebabkan mual.

1. Dehidrasi

Rasa mengantuk dan lelah bisa disebabkan akibat tubuh kekurangan cairan. Cegahlah dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan air. Selalu sediakan air putih di meja kerja Anda. (huffingtonpost.com)

Ternyata selain mengurangi konsentrasi, kekurangan cairan tubuh juga dapat menyebabkan mual. Namun jika sudah mengalami dehidrasi, tubuh akan merasa lebih sensitif dan jika meminum air dalam jumlah banyak kita akan merasa mual.

Cobalah untuk minum perlahan dalam jumlah yang kecil hingga perut Anda rileks, agar lingkaran setan antara mual dan dehidrasi akan terputus.

2. Overhidrasi (Kelebihan Cairan Tubuh)

Biasanya setelah berolahraga, kita akan menenggak satu botol air putih sekaligus (Reuters)

Mungkin beberapa dari Anda pernah menenggak satu botol air putih sekaligus ketika merasa haus saat berolahraga.

Ternyata hal tersebut tak baik untuk dilakukan, karena menyebabkan ketidakseimbangan cairan tubuh, sehingga dapat menimbulkan peradangan, nyeri, dan mual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kafein dan Stres

3. Mengonsumsi Multivitamin Ketika Perut Kosong

Multivitamin. (Via: www.nutraingredients-usa com)

Mengonsumsi multivitamin ketika perut kosong ternyata dapat menyebabkan sakit perut dan mual.

Suplemen yang mengandung zat besi dan tembaga membuat perut terasa sakit, dan vitamin C bisa meningkatkan asam lambung dan tentunya membuat mual.

4. Kafein

Ilustrasi. Foto: Huffingtonpost

Jika Anda seorang pecandu kafein, misalnya kopi, mungkin pernah mengalami sakit kepala atau mual jika tak mengonsumsinya dalam sehari.

Hal tersebut disebabkan karena kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik ringan. Jika ingin melepas kecanduan tersebut, jangan berhenti secara mendadak karena bisa membuat mual dan latih secara perlahan.

5. Stres

Bila selama bekerja Anda kerap merasa stres, berisiko mengalami penyakit mental seperti depresi dan cemas berlebihan.

Rasa khawatir dan stres dapat mengakibatkan tubuh bereaksi secara intens. Ketika mengalami hal tersebut, jantung akan berdegup lebih kencang, hormon adrenalin dan tekanan darah meningkat, dan zat kimia saraf juga berubah.

Zat kimia tersebut juga dapat meningkatkan proses metabolisme dan menyebabkan perasaan tak enak pada perut, seperti mual.

Jika Anda merupakan orang yang mudah khawatir dan stres, coba untuk melakukan meditasi atau berolahraga agar tubuh dan pikiran kembali kepada ritme yang normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.