Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

'Taman Mesum' di Tiongkok Picu Perdebatan di Dunia Maya

Sejumlah netizen menyebutnya sebagai 'seni' erotis, sedangkan orang lain berpendapat patung-patung itu tidak pantas berada di taman.

Liputan6.com, Xi'an - Atas nama seni, seorang seniman seringkali menciptakan karya yang mungkin tidak dapat diterima oleh masyarakat. Contohnya, seniman Michelangelo dari zaman Renaisans yang menciptakan patung 'David' berpose tanpa busana.

Sebagian orang memandangnya sebagai karya seni bersejarah, tapi sebaliknya ada saja yang memandangnya sebagai sesuatu yang tidak pantas.

Karya seni lain sejenisnya telah memicu perdebatan. Misalnya sejumlah patung yang diletakkan di beberapa taman kota Xi’an, Tiongkok.

Dikutip dari Shanghaiist.com, Selasa (26/4/2016), penempatan sejumlah patung di taman tersebut malah menimbulkan perdebatan. 

Di antara karya seni di sana, sejumlah patung berukuran besar yang menggambarkan pasangan pria dan wanita sedang bersanggama. Membuat warga merasa tidak nyaman.

Sejumlah netizen menyebutnya sebagai seni erotis, sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa patung-patung tersebut tak pantas bagi anak-anak yang mengunjungi taman.

“Kamu bilang ini seni? Memalukan!” kata seorang netizen.

Sejumlah patung yang dipajang di taman kota Xi'an, menggambarkan pasangan sedang bermesraan sehingga sejumlah warga merasa terganggu. (Sumber Shanghaiist.com)

Seorang lagi sepakat dengan kritikan seorang netizen yang mengatakan,” Sebenarnya, nilai artistik apa yang disuguhkan? Itu patung pornografi.”

“Orang melihat jenis kesenian ini di negara-negara lain di seluruh dunia, tapi di Tiongkok banyak yang menanggapnya cabul. Memang tidak berbudaya,” ujar seorang netizen lain.

Masih harus diamati seberapa lama patung-patung itu akan bertahan. Jangan heran kalau nantinya ada bagian-bagian patung yang diusap-usap oleh warga-warga yang lewat hingga warnanya memudar.

Patung Yang Guifei, satu di antara Empat Kecantikan dari jaman Tiongkok Kuno, dan patung istri Yu yang Agung menjadi korban orang iseng. (Sumber Shanghaiist.com)

Seperti itulah nasib patung Yang Guifei, satu di antara Empat Kecantikan dari zaman Tiongkok Kuno dan juga patung istri dari Yu yang Agung yang menampilkan salah satu payudaranya. Mengkilap karena sering diusap-usap oleh para pengunjung.

Namun, sejumlah pihak mencoba mengatasi penampilan patung cabul dengan cara yang sederhana, seperti mengenakan pakaian pada karya seni yang dianggap kurang sopan seperti berikut.

Sejumlah patung yang dipajang di taman kota Tiongkok perlu diberi pelindung demi kesopanan. (Sumber Shanghaiist.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini