Sukses

Berantas ISIS, Obama Kirim 250 Tentara Tambahan ke Suriah

Sebanyak 250 anggota dari AS ke Suriah, sebagian besar adalah personel tambahan tergabung dalam pasukan operasi khusus.

Liputan6.com, Aleppo - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dilaporkan mengirim 250 personel militer tambahan untuk Suriah. Langkah itu diambil untuk mendukung milisi lokal memerangi ISIS.

"Tujuannya untuk mendorong orang-orang Sunni Arab untuk bergabung dengan pejuang Kurdi di timur laut Suriah memberangus ISIS," kata otoritas setempat seperti dikutip dari BBC, Senin (25/4/2016).

Pengerahan anggota terbaru itu menjadikan jumlah pasukan non-tempur AS di Suriah menjadi 300 orang.  

Dalam wawancara dengan BBC, Obama menyatakan saat ini tengah mengesampingkan pengiriman pasukan darat di sana. "Upaya militer (untuk bertempur) saja tidak bisa memecahkan situasi kompleks Suriah yang memilukan," ucap Obama.

Sebanyak 250 anggota kiriman AS itu sebagian besar adalah personel tambahan, yang tergabung dalam pasukan operasi khusus. Termasuk pasukan medis dan logistik.

Diperkirakan Obama akan menyampaikan pengumuman baru, setelah kunjungannya ke Hannover pada hari Senin ini. Ia dijadwalkan membahas isu-isu kebijakan luar negeri dan konflik Suriah dengan para pemimpin dari Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia.

Sebelumnya pada Minggu 24 April, Obama mengatakan sangat prihatin atas gelombang kekerasan di Suriah di mana oposisi menuduh pemerintah melanggar gencatan senjata yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia.

ISIS dilaporkan telah kehilangan kekuasaan di wilayah Suriah. Baru-baru ini, mereka berhasil diusir pasukan Suriah yang didukung Rusia dari kota strategis Palmyra.

Kelompok militan itu juga disebut-sebut tengah mengalami kemunduran yang signifikan di Irak, termasuk hilangnya Ramadi, ibu kota provinsi Anbar dari kekuasaan mereka.

Sejauh ini AS memimpin koalisi terhadap kelompok militan itu di Suriah dan Irak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini