Sukses

32 Planet Ini Dihuni oleh Alien?

Berdasarkan daftar yang disusun oleh ilmuwan di Puerto Rico, terdapat 32 planet yang diduga dapat dihuni makhluk hidup.

Liputan6.com, Arecibo - Terdapat 32 planet di luar tata surya kita yang mungkin dapat menjadi tempat tinggal untuk makhluk hidup, demikian menurut Habitable Exoplanets Catalog.

Daftar tersebut disusun oleh para ilmuwan di Planetary Habitability Laboratory (PHL), University of Puerto Rico di Arecibo.

Mereka mengelompokkannya berdasarkan planet yang mengorbit bintang lain -- layaknya Bumi mengorbit Matahari -- karena nilai mendukung adanya kehidupan.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat sebuah planet dapat ditempati makhluk hidup?

Seperti yang dikutip dari World Economic Forum, Minggu 24 April 2016, Exoplanet -- planet di luar tata surya -- yang memiliki potensi dapat ditinggali adalah yang dapat mendukung segala bentuk kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat dari mikro organsime sederhana hingga tanaman dan hewan.

Walaupun beberapa planet memiliki potensi tersebut, bukan berarti jejak kita dapat menemukan alien secara langsung di sana. Berdasarkan teknologi saat ini, kita hanya dapat menilai sedikit karakteristik yang dibutuhkan untuk kehidupan.

Ilmuwan PHL mendasari penilaian mereka dari apa yang saat ini dapat diukur. Pertama, adalah orbit planet di mana konsep zona layak huni berawal.

Hal tersebut dapat mengukur jarak planet ke bintang orbitnya dan memperkirakan paparan sinar dan temperaturnya, serta faktor lain seperti komposisi planet dan atmosfer potensial.

Tipe-tipe planet di luar tata surya kita atau disebut Exoplanet (PHL @ UPR Arecibo).

Sederhananya, sebuah planet tak bisa berjarak terlalu jauh atau dekat, karena bisa menghasilkan planet yang terlalu dingin atau panas.

Kedua, ukuran planet juga berperan dalam layak atau tidaknya tempat tersebut untuk dihuni. Seperti yang terdapat di dalam metirk, hanya planet antara subterran dan superterran yang diduga berpotensi ditinggali.

Berikut Planet yang Berpotensi untuk Dihuni

Berdasarkan metrik dan indikator, PHL menduga bahwa saat ini terdapat 32 exoplanet yang berpotensi dapat ditinggali, di mana 21 di antaranya diklasifikasi sebagai Superterran -- memiliki massa 5 - 10 kali lebih berat dari Bumi.

Sementara 11 di antaranya memiliki ukuran yang mirip dengan Bumi atau disebut terran. Hingga Januari 2016, belum ada exoplanet yang dapat dihuni diklasifikasi sebagai subterran -- berukuran lebih kecil dari Bumi.

32 Planet-planet yang Berpotensi Berpenghuni (PHL @ UPR Arecibo).

Daftar tersebut berdasarkan jarak dengan Bumi, dengan exoplanet yang terdekat bernama tau Ceti e -- 12 tahun cahaya. Sementara Kepler-443b berjarak lebih dari 2.500 tahun cahaya.

PHL juga meyakini bahwa 10 hingga 20 tahun ke depan kita dapat melihat kemunculan teknologi yang membantu untuk menentukan apakah planet yang terdapat di daftar tersebut dapat ditinggali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.