Sukses

Fosil Gigi Paus Terbesar di Australia Ditemukan

12 emoji yang paling sering disalahartikan menjadi perhatian para pembaca. Simak ulasan selengkapnya.

Liputan6.com, Melbourne - Gigi, yang diyakini berusia lima juta tahun ditemukan di pantai Melbourne. Pemburu fosil bernama Murray Orr, yang menyisir sejumlah pantai di sekitar Beaumaris sejak ia masih kecil yang menemukannya pada bulan Februari.

"Saya lihat sesuatu yang tadinya saya pikir kaleng minuman yang mencuat dari pasir dan saya pergi untuk mengambilnya," tutur Murray seperti dikutip dari ABC.Net.au, Sabtu (23/4/2016).

"Saya harus menggeser beberapa batu dari atas dan terlihatlah gigi itu. Untuk menemukan sesuatu yang belum pernah ditemukan di Australia sebelumnya, itu cukup bagus," imbuh Murray.

Sebuah gigi yang dulunya milik paus pembunuh raksasa -- jenis paus sperma, yang tumbuh hingga sepanjang 18 meter dan seberat 40.000 kilogram, kini telah dipamerkan di Museum Melbourne.

Dalam perbincangan dengan Museum Melbourne, dikonfirmasi bahwa fosil 30 cm itu adalah yang terbesar dari jenisnya di Australia.

Hal ini juga merupakan temuan yang mendebarkan bagi Dr Erich Fitzgerald dari museum tersebut.

"Ini yang pertama bagi seluruh benua Australia, dan ini adalah fosil paus yang tak pernah terpikir untuk berada di sini sebelumnya," papar Dr Erich.

Pantai di sekitar Beaumaris dianggap sebagai situs fosil kelas dunia, membantu sejarawan mengungkap masa prasejarah Australia.

"Saya pikir itu benar-benar menekankan pentingnya Beaumaris, sebagai sumber fosil yang tak tertandingi dalam jenis ini di Australia," ucap Dr Erich.

Murray resmi menyerahkan fosil gigi itu ke Museum Melbourne, yang akan memajangnya.

"Erich akan menyebut fosil itu dengan namaku, 'Murray' ...," pungkas Murray.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.