Sukses

Beer Yoga, Inovasi Baru Meditasi Pakai Bir

Untuk membuat latihan lebih menarik kelas yoga dilakukan sebuah pub di Berlin atau yang lebih dikenal dengan Beer Yoga atau boga.

Liputan6.com, Berlin - Dalam filsafat Hindu, yoga yang artinya penyatuan dengan alam atau sang Pencipta yang menitikberatkan pada akitivitas meditasi atau tapa.

Dalam kondisi tersebut, seseorang memusatkan seluruh pikirannya untuk mengontrol semua panca indranya dengan melakukan latihan pernapasan, olah tubuh, dan meditasi.

Bagi seorang pemula, gerakan sederhana dalam yoga salah satunya dapat dilakukan dengan cara duduk bersila dengan posisi tubuh tegap dan dada dibusungkan ke depan.

Namun seiring perkembangannya, kelas yoga yang cenderung serius kerap memunculkan aliran-aliran baru yang lebih menarik, unik bahkan cenderung menyenangkan.

Di Berlin, Jerman misalnya. Untuk membuat latihan lebih menarik, kelas yoga dilakukan di sebuah pub di Berlin atau yang lebih dikenal dengan Beer Yoga atau boga.

Para penggemar olah tubuh dan meditasi ini menggunakan botol bir sebagai alat meditasi mereka. Sambil duduk bersila, kedua tangan diangkat ke atas kepala sambil memegang botol bir dengan satu atau dua tangan.

Atau, mereka bisa meletakkannya di atas kepala sambil duduk bersila dan menyeimbangkannya agar tidak terjatuh. Lebih serunya lagi, para peserta bisa meminumnya dalam posisi yoga.

Para penggemar olah tubuh dan meditasi ini menggunakan botol bir sebagai alat meditasi mereka. Sambil duduk bersila, kedua tangan diangkat ke atas kepala sambil memegang botol bir dengan satu atau dua tangan.(Odditycentral.com)

"Yoga dan bir memang sangat bertolak belakang. Namun saya tahu di luar sana banyak orang yang mencintai olahraga ini dan minum bir. Jadi kenapa tidak saya gabungkan saja keduanya," kata Jhula penemu boga, yang dilansir dari Oddity Central, Jumat (22/4/2016).

Jhula sadar dengan teknik pelatihan yang menggabungkan yoga dan bir tidak banyak anggotanya yang menjadi peserta tetap.

Untuk membuat latihan lebih menarik kelas yoga dilakukan sebuah pub di Berlin atau yang lebih dikenal dengan Beer Yoga atau boga.(Oddity Central.com)

"Mereka lebih ke arah ingin tahu seperti apa bir yoga itu. Karena pada dasarnya mereka lebih suka minum bir daripada berlatih yoga," tambahnya.

Bagi para ibu hamil yang ingin mengikuti latihan yoga, Jhula mempersilahkannya untuk ikut ambil bagian. Tapi mereka hanya diperbolehkan minum bir non-alkohol.

Bagi Dr Ingo Froboese dari Jerman Sporting School in Cologne, menggabungkan olahraga dan alkohol adalah ide buruk.

"Alkohol bisa menyebabkan nyeri dan lemah otot, merusak keseimbangan serta membatasi daya tahan. Alkohol bisa juga membatasi tahap pemulihan seseorang."

Bagaimana, apakah ada dari Anda yang ingin mencoba bir yoga?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini