Sukses

10 Benda Menjijikkan yang Dijual dengan Harga Selangit

Benda-benda menjijikkan seperti muntahan paus, keju berbelatung, hingga tisu bekas pakai dijual hingga ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Barang-barang mewah seperti tas bermerek, berlian, mobil sport, pesawat dan pulau pribadi sangat wajar dihargai mahal.

Namun, tahukah Anda, sejumlah benda-benda menjijikkan juga dihargai selangit, hingga ratusan juta rupiah? 

Misalnya saja muntahan paus yang dikenal memiliki bau tak sedap dihargai nyaris Rp 1 miliar dan keju berbelatung dibanderol dengan harga Rp 1,3 juta per pon nya.

Tak hanya itu, facial kotoran burung dan darah dapat dibanderol hingga belasan juta rupiah.

Seperti yang dikutip dari Oddee.com, pada Senin (18/4/2016), berikut 10 benda menjijikkan yang dijual dengan harga selangit.

1. Muntahan Paus (Rp 932 Juta)

Pasangan asal kota Lancashire, Gary dan Angela Williams, menemukan muntahan paus seberat 1,57 kilogram ketika sedang berjalan-jalan di pantai Middletons dekat Morecambe Bay, Inggris.

Awalnya Gary dan Angela tak yakin dengan penemuan mereka. Namun dari sebuah artikel yang pernah dibaca, mereka menduga benda itu adalah adalah ambergris -- muntahan paus.

Seonggok muntahan dari suatu mahluk laut ini ditawarkan seharga Rp 932 juta dan menarik perhatian pembeli dari mancanegara. Mau beli?

Harga pasaran muntahan paus memang tidak sembarangan. Penemuan ambergris dijual seharga 50 ribu poundsterling atau Rp 932 juta.

Harga ambergris bisa begitu mahal karena merupakan salah satu bahan untuk membuat minyak wangi bertahan lebih lama, lagipula keberadaannya langka.

2. Keju Berbelatung Casu Marzu (Rp 1,3 Juta per Pon)

Casu marzu adalah keju yang mengandung belatung hidup. Cara pembuatannya adalah dengan membuat lalat keju untuk bertelur di keju pecorino.

Casu Marzu, keju berbelatung asal Italia (Wikipedia).

Belatung lalat kemudian melepaskan enzim selama pencernaan dan menyebabkan lemak keju membusuk. Proses fermentasi yang unik itu menghasilkan keju yang lengket, kenyal, dan pastinya penuh dengan hewan menjijikkan.

Pastikan berhati-hati ketika memakannya, karena belatung- belatung di dalamnya dapat melompat hingga 15 sentimeter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kopi dari Kotoran Luwak

3. Facial Plasenta Domba (Rp 6,58 Juta)

Selebritis Hollywood seperti Kim Kardashian dan Victoria Beckham mendatangi ahli perawatan kulit Louise Deschamps yang mengklaim dapat membantu meningkatkan kekebalan kulit dan membantu melawan peradangan, dengan menggunakan plasenta domba.

Ilustrasi facial plasenta (Louis Hollingsbee).

Plasenta diyakini memacu pertumbuhan jaringan baru dan regenerasi. Perawatan tersebut juga dikabarkan menghasilkan hasil yang positif.

4. Kopi Luwak (Rp 1,2 Juta per Porsi)

Kopi Luwak terkenal menjadi kopi yang paling mahal di dunia. Minuman tersebut berasal dari biji kopi yang dimakan oleh hewan bernama Luwak.

Dibalik kebanggaan atas kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia, ada kisah dibalik kopi luwak yang tak banyak diketahui.

Karena tak bisa dicerna dengan baik, biji kopi dikeluarkan bersama feses Luwak. Proses rumit inilah yang menjadi sebab mahalnya kopi legendaris ini.

Sampai saat ini, kopi Luwak Indonesia masih terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat.

3 dari 5 halaman

Kotoran Burung dan Gajah

5. Facial Kotoran Burung (Rp 2,37 Juta)

Sebuah tempat spa mewah di Amerika, tepatnya di Shizuka, New York, menawarkan perawatan unik tersebut.

Pemilik spa, Shizuka Bernstein, merupakan penduduk asli Tokyo yang menikah dengan orang Amerika.

Facial kotoran burung (divinemlee.com).

Shizuka telah menawarkan facial ini selama bertahun-tahun. Menurutnya, para geisha di Jepang selalu melakukan perawatan menggunakan kotoran burung.

Diyakini facial tersebut dapat membuat wajah lembut dan halus, karena enzim yang terdapat dalam kotoran burung Bul-bul dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

6. Bir Dari Kotoran Gajah (Rp 1,31 Juta)

Pada 2013, sebuah tempat pembuatan bir milik orang Jepang, Sankt Gallen, memutuskan untuk membuat bir yang unik, yaitu dengan menggunakan kopi yang ada di dalam kotoran gajah.

 Bir yang terbuat dari kotoran gajah (uproxx.com).

Bahan tersebut berasal dari sistem pencernaan gajah yang ada di Golden Triangle Elephant Foundation, Thailand. Biji kopi bahan pembuat bir dihargai Rp 1,3 juta per 35 gram.

Walaupun terdengar menjijikkan, namun minuman bernama Un, Kono Koro tersebut mendapat sambutan hangat dari mereka yang pernah mencicipinya.

4 dari 5 halaman

Darah dan Kotoran Manusia

7. Facial Darah 'Vampire Facelift' (Rp 12,51 Juta Hingga Rp 18,4 Juta)

Pada 2013, Kim Kardashian memposting foto wajahnya yang penuh darah ke akun Twitter-nya. Ternyata hal tersebut merupakan salah satu jenis perawatan wajah.

Kim Kardashian sedang melakukan facial darah (Kim Kardashian).

Facial tersebut juga dapat ditemukan di Jakarta. Menurut dokter kecantikan di klinik Ariesta, dr. Theresia Tedjasukmana, facial darah yang dikenal dengan nama PRP (Plateled Rich Plasma) sangat efektif untuk mencegah penuaan.

"Jadi sebenarnya bukan darahnya yang diambil tapi plasma. Di plasma ini terbagi dua. Ada yang disebut PPP (Plateled Poor Plasma) dan PRP. Yang diambil untuk facial hanya bagian PRP karena kaya akan growth factor," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa cara ini sangat efektif untuk menghilangkan keriput khususnya di sekitar mata dan di garis senyum.

8. Kotoran Manusia (Rp 171,3 Juta per Tahun)

Tinja beku dapat diberikan kepada pasien pengidap penyakit akibat bakteri C. difficile yang menyebabkan gangguan pencernaan ekstrem.

Dengan memperkenalkan feses ke dalam usus pasien (dengan cara endoskopi, nasal tubes, atau kapsul yang ditelan) penyakit tersebut dapat disembuhkan.

Feses beku dapat digunakan sebagai pengobatan (OpenBiome).

Walaupun kita dapat mendonorkan feses seharga Rp 171,3 juta per tahun, namun seleksinya sangat ketat dan pendonornya harus mempunyai kondisi tubuh yang sangat sehat.

Oleh karena itu seseorang mendirikan bank tinja bernama OpenBiome untuk menemukan feses yang layak untuk digunakan sebagai pengobatan agar pasien tak kerepotan.

5 dari 5 halaman

Tisu Bekas

9. Sarang Burung Walet (Rp 527 ribu hingga Rp 790 ribu per Porsi)

Sarang burung walet terbentuk dari air liur burung walet yang mengering dan terkenal akan khasiatnya.

Sejumlah penelitian menemukan, bahwa sarang burung walet mengandung 200 glikonutrien yang memiliki fungsi utama meregenerasi sel tubuh.

Sarang Burung Walet. Foto: sarangburungwalet123

Sarang burung walet juga dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan paru-paru serta menjaga kesehatan kulit.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa benda tersebut mampu membantu menetralkan infuenza, menyembuhkan luka, membuat tulang lebih kuat, dan sangat baik bagi kekebalan tubuh.

10. Tisu Bekas Scarlett Johansson (Rp 69,8 Juta)

Pada tahun 2008, sebuah tisu yang bekas digunakan oleh Scarlett Johansson dijual seharga Rp 69,8 juta dalam sebuah lelang.

Scarlett nampak memegang tisu bekasnya yang dibungkus dalam kantong plastik (exclaim.ca).

Scarlett mengklaim bahwa ia terkena flu dari lawan mainnya Samuel L. Jackson dalam acara America's The Tonight Show yang dipandu Jay Leno.

Leno memberikannya tisu dan ia membuang ingusnya lalu bercanda bahwa benda bekas pakai itu dapat bernilai.

Scarlett lantas menjualnya di eBay dan hasil keuntungannya digunakan untuk acara amal USA Harvest.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.