Sukses

Gempa 7,4 SR Guncang Ekuador, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir Ekuador dan Kolombia.

Liputan6.com, Perdenales, Ekuador - Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter telah melanda lepas pantai barat laut Ekuador. Lindu ini berpusat di dekat Pedernales dan Muisne. Peringatan tsunami pun telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir Ekuador dan Kolombia.

"Berdasarkan parameter gempa awal, gelombang tsunami berbahaya akan menghantam pantai yang terletak dalam jarak 300 km dari pusat gempa," kata seorang ahli gempa dari Pusat Peringatan Tsunami di Pasifik, seperti dikutip dari bnonews.com, Minggu (17/4/2016).

Gempa ini terjadi pada Sabtu 16 April 2016 pukul 18.58 waktu setempat. Gempa bumi berpusat di barat laut dari Pedernales, atau 28 kilometer tenggara dari Muisne. Kedalaman gempa hanya sekitar 20 kilometer atau gempa dangkal.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai kerusakan atau korban. Adapun informasi mengenai gempa dan peringatan tsunami ini menyebar di Twitter, termasuk diinformasikan oleh akun sejumlah media seperti AFP dan Xinhua. (Naz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.