Sukses

Gempa Kuat Kembali Guncang Jepang, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Dua gempa dengan kekuatan relatif besar mengguncang Kota Kumamoto, Jepang Selatan.

Liputan6.com, Tokyo - Dua gempa dengan kekuatan relatif besar mengguncang Kota Kumamoto, Jepang bagian selatan pada Sabtu 16 April 2016 sekitar pukul 01.25 waktu setempat.

Guncangan terjadi selang 24 jam setelah lindu Kamis malam menyebabkan setidaknya 9 orang tewas dan 800 ratus orang lainnya cedera.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (16/4/2016), gempa pertama berkekuatan 7,1 skala Richter berada di kedalaman 7 km, sementara lindu kedua mengguncang sekuat 7,4 SR  terjadi di kedalaman 40 km.

Peringatan tsunami dikeluarkan pemerintah setempat. "Peringatan atau imbauan tsunami efektif diberlakukan," demikian ungkap Badan Meteorologi Jepang.

Diperkirakan ombak setinggi 1 meter akan menerjang di sepanjang pesisir di timur pusat gempa yang terletak di Kumamoto, khususnya di Ariake dan Yatsushiro.

Jepang adalah negara yang rawan gempa. Namun, aturan pembangunan gedung yang ketat dan dipatuhi membuat kerusakan fatal bisa dihindari.

Sebelumnya, gempa 6,2 SR pada Kamis malam 14 April 2016 dirasakan kuat di sejumlah wilayah.

Intensitasnya mengingatkan kembali pada guncangan pada 2011, ketika lindu menewaskan ribuan orang dan meluruhkan reaktor nuklir Fukushima Dai-ichi -- yang memicu krisis nuklir terburuk di Jepang setelah Perang Dunia II   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini