Sukses

Korut Gagal Luncurkan Rudal pada Hari Ultah Mendiang Kim Il-sung

AS bergandengan tangan dengan Korsel terus memantau pergerakan di Korut.

Liputan6.com, Pyongyang- Upaya Korea Utara untuk meluncurkan rudal pada hari ulang tahun mendiang pendiri Korut, Kim Il-sung yang jatuh pada hari Jumat ini (15/4/2016) dilaporkan gagal.

Rudal dengan kapasitas jarak medium yang dinamakan Musudan, awalnya akan diluncurkan sebagai tanda penghormatan bagi kakek dari Kim Jong-un dan juga simbol keberhasilan program senjata nuklir yang akhir-akhir ini membuat dunia cemas. 

Data yang dihimpun oleh badan intelijen menunjukkan bahwa rudal Musudan yang gagal diluncurkan tersebut mampu menempuh jarak hingga pangkalan Amerika Serikat di Kepulauan Guam. AS dan Korsel bergandengan tangan terus memantau pergerakan dari Korut.

“Menurut penilaian kami, Korut gagal dalam peluncuran rudal Musudan-nya,” kata salah satu pejabat pertahanan militer AS kepada abc.net.au, Jumat (15/4/2016).

Kepala staf gabungan Korsel turut membenarkan adanya uji coba rudal Musudan dan kegagalan Korut dalam pelaksanaannya.

“Korut nampaknya telah berupaya untuk melancarkan aksi uji coba rudal Musudan di area pesisir timur pagi tadi dan berakhir gagal,” tambah dia.

Melansir dari The Guardian, North American Aerospace Defense Command memberitahukan bahwa uji coba tersebut tidak membahayakan AS dan dinilai bukan sebuah ancaman, meski jika itu berhasil dilaksanakan.

Tanggal 15 April merupakan momentum penting bagi warga Korut. Begitu penting hingga dijadikan libur nasional.

Perayaan penting biasanya ditandai dengan aksi dan pertunjukan militer berskala besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini