Sukses

Penampakan UFO Makin Banyak di Kanada, Ada Apa?

Sebuah survey di Kanada melaporkan peningkatan penampakan UFO sepanjang tahun 2015. Kebanyakan penampakan itu dapat dijelaskan.

Liputan6.com, Winnipeg - Walaupun kerap diragukan kebenarannya, warga sejumlah negara dunia terus melaporkan penampakan UFO. Negara Kanada bahkan memiliki survei tahunan untuk laporan demikian.

Dikutip dari CBC News pada Rabu (13/4/2016), laporan tahunan Canadian UFO Survey 2015 diterbitkan pada Senin lalu. Hasilnya? Ternyata peningkatan laporan penampakan UFO di Kanada dibandingkan tahun sebelumnya.

“Secara keseluruhan, di Kanada ada sedikit peningkatan laporan jumlah UFO dan ini menjadi yang tertinggi ke dua jumlah penampakan UFO sejak pencatatan dimulai di tahun 1980-an,” kata Chris Rutkowski, penulis ilmiah yang menyusun laporan tersebut.

Pada 2015 ada 1267 laporan penampakan UFO, angka tertinggi ke dua dibandingkan 1981 laporan pada 2012.

“Kami penasaran karena kami tidak banyak lagi mendengar kabar tentang UFO walaupun penampakan UFO terus terjadi. Pada 2015, ada jumlah tidak biasa dari Quebec, yaitu 3 atau 4 kali,” lanjutnya.

Penampakan UFO diklaim terjadi di Ontario, Kanada belum lama ini. (Huffington Post)

Rutkowski menjelaskan bahwa survei itu mendefinisikan UFO sebagai benda-benda di langit yang tidak dapat dijelaskan oleh orang-orang.

Ada beberapa cara pencatatan laporan, termasuk laporan dari sumber-sumber resmi seperti Transport Canada. “Laporan datang dari semua demografi…dan seluruh bagian Kanada,” ujarnya.

Kebanyakan penampakan itu dapat dijelaskan sebagai bintang, planet, bola api, pesawat terbang atau helikopter polisi. Namun begitu, menurut Rutkowski, sekitar 12% dari total laporan tetap tidak terjelaskan meskipun ada informasi dari sumber-sumber lain.

“Kami memilahnya menurut kasus-kasus bermutu tinggi, yaitu ketika kami mempunyai informasi yang cukup dari sejumlah sumber. Para penyidik mendatangi tempatnya atau bicara dengan para saksi. Dengan demikian, jumlah yang tak terjelaskan menjadi lebih sedikit, yakni 1, 2 atau 3 persen,” katanya.

Suatu kasus tak terjelaskan yang bermutu tinggi adalah kasus penampakan di Manitoba pada Oktober 2015. Saat itu, suatu pasangan sedang mengemudi di Dugald Road dan melihat seberkas cahaya terang yang tadinya disangka menara telepon seluler.

“Ketika mereka semakin mendekat, mereka menyadari bahwa itu bukan menara telepon selular. Mereka melihat sesuatu berbentuk segitiga gelap yang bergerak bersama dengan lampu merah di depan dan hijau serta sejumlah warna lain di sampingnya.”

Rutkowski mengatakan bahwa benda itu senyap tanpa suara dan sama sekali tidak terlihat seperti pesawat terbang.

Kelompok penyidik datang untuk memastikan apakah ada pesawat terbang di daerah itu pada waktu yang disebutkan, tapi sejauh ini mereka tidak bisa memberikan penjelasan tentang penampakan itu.

“Laporan ini mengungkapkan bahwa orang terus saja melihat benda-benda di langit. Mungkin ini contoh perlunya tambahan pendidikan atau sekedar anjuran supaya orang lebih sering melihat ke atas daripada menatap telepon selular mereka. Menurut saya, penting untuk terus membicarakan tentang ini.”

“Sebagai seorang pekerja astronomi, saya tahu ada kemungkinan kehidupan di luar sana, entah di mana, tapi kita belum mempunyai bukti bahwa sudah ada yang datang ke sini. Mungkin alien-alien itu bisa menerbangkan benda segitiga di sekitar Dugald Road pada malam hari, entahlah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini