Sukses

Ular Piton 8 Meter Ditangkap di Malaysia, Terpanjang di Dunia?

Ular itu memiliki panjang 8 meter dan berat 250 kilogram.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Hewan melata yang gemuk, besar dan panjang ditemukan di sebuah lokasi konstruksi di Malaysia. Melihat wujudnya, ular piton itu bisa jadi hewan paling panjang yang pernah ditangkap, yaitu 8 meter.

Ular piton itu memiliki corak, yang hanya ditemukan di Asia Tenggara dan biasa disebut ular Sanca Kembang. Diperkirakan sebagai reptil terpanjang yang ditemukan di proyek pembangunan flyover yang tengah dibangin di Paya Terubong, di Penang.

 

Herme Herisyam dari Departemen Pertahanan Sipil Penang mengatakan, pihaknya dihubungi proyek itu pada Kamis 7 April lalu. Butuh 30 menit untuk petugas menangkap ular piton itu.

"Panjangnya 8 meter dan memiliki berat 250 kilogram," kata Herisyam seperti dilansir Guardian, Senin (11/4/2016).

Menurut Guiness Book of World Records, gelar ular terpanjang diberikan kepada Medusa, reptil jenis yang sama yang ditangkap di Missouri, AS pada 2011. Ular itu memiliki panjang 7,67 meter dan hingga sekarang masih menyandang gelar itu.

Namun, dengan penangkapan ini, Medusa akan kehilangan gelarnya.

Ngeri, Ular Piton Terpanjang  Ditangkap di Malaysia (Malaysia Defence Force/Guardian)

Sebelum Medusa, gelar ular sanca kembang terpanjang diraih oleh Fluffy, yang memiliki panjang 7,3 meter. Reptil itu mati pada 2010 di usia 18 tahun.

Ular piton bercorak diberi nama Sanca Kembang karena coraknya yang khas di kulitnya. Normalnya mereka memiliki panjang 3 hingga 6 meter dan biasa ditemukan di perairan.

Menurut catatan, ular piton terpanjang hidup pada tahun 1912 di Indonesia. Saat itu reptil tersebut memiliki panjang 10 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.