Sukses

Kalau Tak Mau Malu, Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Restoran

Jangan lakukan lima hal ini jika Anda tidak ingin malu di hadapan orang terkasih.

Liputan6.com, Jakarta - Restoran merupakan salah satu tempat favorit untuk kumpul keluarga atau hanya sekadar hang out bersama teman.

Ketika makan di restoran, terkadang kita sering lupa ada beberapa hal yang akan sangat memalukan jika dilakukan.

Tentunya Anda tidak tidak ingin terlihat memalukan, terlebih lagi saat Anda mendatangi tempat makan tersebut bersama dengan kekasih.

Menurut Kelly Barlow seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (7/4/2016), berikut lima hal yang jangan sampai Anda lakukan di restoran.

 

1. Jangan memesan yang tidak ada di menu

Ketika membuat daftar makanan dalam buku menu, percaya atau tidak, orang yang membuatnya tahu sedikit banyak tentang makanan yang tertera.

Jika Anda tidak tahu jenis makanan apa yang tertera, jangan sungkan untuk bertanya.

Akan sangat menyulitkan bagi chef restoran untuk mengubah atau mengurangi bahan pada makan Anda pesan.

Selain itu, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk memasak pesanan Anda. Tidak ada salahnya untuk mencicipi sesuatu yang baru bukan.

2. Etika membayar

Jika Anda sudah membuat janji bertemu dengan teman kantor atau reuni sekolah di sebuah restoran, hal pertama yang harus dipastikan adalah siapa yang akan membayar tagihan makanan atau Anda akan membagi secara rata.

Menghitung jumlah makanan yang anda makan dan membayarnya sendiri ketika Anda pergi berkelompok akan sangat memakan waktu.

Beberapa restoran kini sudah menggunakan sistem membayar langsung makanan di kasir. Jika Anda dan teman membayar makanan sendiri-sendiri, pastikan Anda tidak membuat petugas kasir menghitung makanan Anda perorangan.

Anda bisa mengakalinya dengan membayar secara keseluruhan terlebih dahulu, kemudian dibagi setelah selesai makan.

3. Jangan kasar

Hal yang paling menyeramkan ketika Anda makan di restoran adalah menunggu. Ketika pelayan restoran meminta Anda untuk menunggu pesanan Anda datang, bersabarlah. Terutama di saat kondisi restoran sedang ramai.

Bersikap kasar hanya akan membuat pelayan tidak ingin melayani pesanan Anda dan lebih memilih untuk melayani pelanggan yang lebih ramah.

Memasak makanan bukan pekerjaan mereka. jika Anda marah atau kasar kepada pramusaji karena makanan anda belum disajikan atau rasanya yang tidak sesuai dengan selera, cobalah untuk menahan diri.

4. Kendalikan anak Anda

Bagi Anda yang mengadakan jamuan makan malam bersama keluarga di restoran, pastikan Anda memperhatikan anak-anak Anda. Terutama saat mengunjungi restoran mewah.

Melihat anak kecil berlarian disepanjang lorong restoran sangat mengganggu bagi beberapa pelanggan yang ingin menikmati santapan mereka dengan tenang.

Namun demikian, orangtua terkadang terlihat acuh tak acuh akan perilaku anak mereka di tempat ramai, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman bagi orang lain.

5. Jagalah fasilitas yang disediakan

Toilet merupakan salah satu sarana umum yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Sarana ini merupakan sarana wajib yang dapat dijumpai di mana saja.

Tidak hanya saat berada di restoran, di mana pun Anda berada jangan pernah merusak fasilitas umum yang disediakan. Sebagai pengguna, kita juga harus menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tersebut.

Toilet dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah. Jadi buanglah sampah atau tisu bekas pakai Anda ke dalam tempat yang telah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini