Sukses

8 Konsep 'Wah' Kabin Pesawat Terbang Masa Depan

Sejumlah pemenang penghargaan tertinggi dalam dunia interior penerbangan berencana unjuk diri atas keunggulan konsep masa depan itu.

Liputan6.com, Hamburg - Menggunakan transportasi udara sepertinya akan tambah menyenangkan, sebab penerbangan di masa depan akan dibuat semakin nyaman. Hal itu dilakukan melalui peningkatan sejumlah hal dalam kabin pesawat terbang, seperti kursi berjenjang di kelas ekonomi dan toilet yang bisa membersihkan sendiri.

Sejumlah pemenang penghargaan tertinggi dalam dunia interior penerbangan berencana unjuk diri atas keunggulan konsep masa depan mereka, dalam pameran Aircraft Interiors Expo di kota Hamburg, Jerman, pekan ini.

Dikutip dari News.com.au pada Kamis (7/4/2016), demi memenangkan penghargaan bergengsi Crystal Cabin Awards, beragam konsep baru pun akan ditingkatkan dan diterapkan.

Sir Tim Clark, presiden Emirates Airlines, pada malam penyerahan penghargaan tersebut, mengatakan, "Tidak banyak industri yang begitu terbuka bagi kreativitas seperti industri penerbangan."

Berikut ini 8 konsep 'wah' untuk kabin pesawat terbang tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sandaran Kepala Hingga Kursi Tanpa Batas

Sandaran Kepala Yang Lebih Nyaman

Konsep sandaran kepala untuk kursi kabin masa depan dengan caping yang dapat dilipat. (Sumber news.com.au)

Salah satu konsep untuk fasilitas yang semakin mewah adalah sandaran kepala yang memiliki penutup keluar terlipat ke luar guna memberikan posisi anti geser. Desain itu memenangkan kategori untuk peserta dari universitas.

ManonKuhne dari DelftUniversity of Technology adalah pemenangnya.

Duduk Tanpa Batasan Kelas

Jenis kelas dalam kabin masa depan tidak lagi membedakan kelas satu, bisnis, dan ekonomi. (Sumber news.com.au)

Konsep menarik lainnya ada pada kabin.

Gagasan 'Lifesytle Cabin' dari Zodiac Aerospace ini memenangkan penghargaan 'Visionary Concept'

Di tangan mereka, kabin tak lagi memakai kelas utama, bisnis, ekonomi. Nantinya juga akan disediakan kawasan tidur, rapat, dan bersantai.

3 dari 4 halaman

Hiasan Segar dan Kursi Berjenjang

Hiasan Indah

Hiasan dalam kabin bisa diganti-ganti dengan penggunaan teknologi termoplastik. (Sumber news.com.au)

Sekisui SPI memenangkan rancangan untuk bahan dan komponen di pesawat. Mereka membuat hiasan interior pesawat. Nantinya, nuansa di dalam kabin tidak lagi sekedar abu-abu dan putih.

Mereka mengembangkan rancangan permukaan termoplastik yang memungkinkan pencetakan yang lebih kreatif untuk unsur-unsur kabin, membuat cangkang kursi dan dinding pembatas.

Kursi Berjenjang

Kursi kelas ekonomi bisa dibuat berjanjang agar memberikan ruang tambahan untuk kaki. (Sumber news.com.au)

Kategori 'Passenger Comfort Hardware' dimenangkan oleh Rebel Aero. Mereka mendesain kursi kabin kelas ekonomi yang inovatif.

Konsep ini menjanjikan tambahan ruang kaki, karena adanya permukaan duduk yang dapat dilipat berjenjang ke atas selama penerbangan. Nyaman bukan?

4 dari 4 halaman

Kenyamanan Kelas Satu

Cahaya Terang

Lampu kabin pesawat terbang akan lebih terang dengan penggunaan teknologi LED. (Sumber news.com.au)

Penghargaan sistem kabin diraih oleh B/E Aerospace untuk sistem pencahayaan LED yang disebut dengan 'Viu'. Unsur-unsur pendaran cahaya LCD memungkinkan tersebar ke segala arah, mulai dari pintu masuk hingga laci di atas kepala.

Kenyamanan Kelas Satu

Kabin penerbangan memberikan kenyamanan kelas satu. (Sumber news.com.au)

Etihad Airways yang memenangkan penghargaan untuk konsep kabin berupaya cerdik menyulap ruang di Boeing 787 First Suite senyaman Airbus A380. Bersama dengan Acumen Design, inilah ke dua kalinya penerbangan itu meraih penghargaan.

Akses Hiburan 

Sistem kotak hiburan untuk kabin pesawat terbang dibuat lebih ringkas dan mudah. (Sumber news.com.au)

Penghargaan Electronic Systems diraih oleh Lufthansa Systems, yang menawarkan solusi "BoardConnect Portable". Solusi yang portable dan ringan itu terdiri dari server, modem, paket hiburan, dan hot spot internet untuk 50 penumpang dan perangkat mobile mereka.

Kotak perangkat keras ini memiliki pendekatan yang fleksibel. Awak penerbangan dapat memindahkannya di sekeliling kabin ketika diperlukan. Isi tayangan baru dapat diunggah menggunakan USB.

Toilet Canggih

Suatu perusahaan dirgantara mengupayakan pembuatan toilet pesawat terbang yang mampu sekaligus membunuh kuman.

Benda yang satu ini sudah menjadi perhatian media dan sekarang meraih penghargaan Crystal Cabin untuk kabin ramah lingkungan, sehat, aman, dan baik bagi lingkungan hidup.

Toilet yang bisa membersihkan sendiri keluaran Boeing itu menjadi acuan baru untuk kesehatan, karena secara otomatis membunuh kuman di permukaan. Pasokan air ke tempat cuci tangannya menggunakan cahaya ultra violet (UV), bekerja saat penumpang meninggalkan kamar mandi.

Pengindra infra merah yang ada memungkinkan penggunaan menggunakan toilet hampir tanpa sentuhan pada toilet, air, pengering tangan, dan kunci pintu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.