Sukses

Top 3: Kutukan Misterius Berusia 2.400 Tahun

Kutukan berusia 2.400 tahun, foto sisi lain Bumi yang diungkap NASA, dan aktivitas di kompleks nuklir Korut paling sedot perhatian pembaca.

Liputan6.com, Jakarta - Di sebuah makam seorang perempuan muda di Athena, Yunani, ditemukan lima lempengan timah berusia 2.400 tahun. Menariknya, pada benda tersebut terukir mantera kutukan yang ditujukan pada 4 pasangan suami istri pemilik kedai minuman.

Di dalam lempengan itu tertulis bahwa sang pengirim kutukan meminta kepada para dewa dunia bawah atau chthonic seperti Hekate, Artemis, dan Hermes, untuk meneruskan kutukan pada sasarannya.

Menurut kepercayaan kuno Yunani, kuburan seseorang akan menjadi perantara bagi lempengan kutukan tersebut untuk mencapai dewa dunia bawah.

Berita ditemukannya lempengan kutukan berusia 2.400 paling menarik pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Rabu (6/4/2016).

Selain itu, 3 juta foto menakjubkan 'sisi lain' Bumi yang diungkap oleh NASA dan terkuaknya 'aktivitas mencurigakan' di kompleks nuklir Korea Utara oleh AS juga membuat para pembaca penasaran.

Berikut Top 3 Global Selengkapnya

1. Kutukan Berusia 2.400 Tahun Ditemukan di Makam Kuno Yunani

Ditulis dalam Bahasa Yunani, mantera kutulan dalam tablet ini ditujukan pada pasangan Demetrios and Phanagora yang hidup di Athena sekitar 2.400 tahun lalu (Credit:  Jessica Lamont)

Lima tablet atau lempengan timah dari masa 2.400 tahun lalu ditemukan di makam seorang perempuan muda -- yang jasadnya dikremasi -- di Athena, Yunani. Yang menarik, pada tablet tersebut terukir mantera kutukan yang ditujukan pada 4 pasangan suami istri pemilik kedai minuman.

Kutukan tersebut meminta kepada para dewa dunia bawah atau chthonic seperti Hekate, Artemis, dan Hermes untuk meneruskan kutukan pada sasarannya.

Sementara, tablet kelima kosong. Diduga mantera kutukan dirapalkan secara lisan, bukan dituliskan di atasnya. Kelima lempeng timah itu ditusuk dengan paku besi, dilipat, dan dimasukkan ke dalam makam.

Selengkapnya...

2. 10 Nama 'Mengejutkan' dalam Skandal Panama Papers

Ilustrasi skandal Panama Papers (Reuters)

Panama Papers, bocoran 11,5 juta dokumen dari pusat data firma hukum Mossack Fonseca yang bermarkas di Panama diyakini bakal memicu skandal besar, bahkan lebih dahsyat dari apa yang pernah disebabkan WikiLeaks.

Bocoran tersebut didapatkan surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung, yang membagikan data-data tersebut dengan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Dokumen itu memberi gambaran bagaimana para orang kaya dunia melakukan pencucian uang dan menghindari pajak atau sanksi internasional.

Selengkapnya...

3. NASA Rilis 3 Juta Foto Menakjubkan yang Kuak 'Sisi Lain' Bumi

Pegunungan Andes di perbatasan Chili dan Bolivia diambil menggunakan ASTER dengan thermal infrared lights. Warna beragam menunjukkan material penyusun yang berbeda. (Foto: NASA).

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyajikan gambaran Bumi yang lain daripada yang lain, mulai dari gunung di Islandia hingga kebakaran hutan di California.

Menggunakan instrumen Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Readiometer (Aster) milik Jepang yang ada di pesawat antariksa Terra -- yang menangkap emisi panas -- NASA menghasilkan 3 juta citra Bumi yang sungguh menakjubkan.

Kabar gembiranya, foto-foto tersebut dibuka untuk umum, bisa diakses lewat internet.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini