Sukses

Penampakan Menyeramkan di Bekas RS Jiwa, Hantu?

Saat pandangannya tiba di salah satu jendela, Adam mengaku melihat sesosok bayangan dengan wajah menyeramkan sambil melihat ke luar jendela.

Liputan6.com, Inggris - Sesosok bayangan dengan wajah mengerikan tampak mengintip dari jendela sebuah bangunan yang dulunya merupakan rumah sakit jiwa yang terletak di Brecon, Inggrs menjadi viral di sosial media.

Semua berawal saat pria bernama Adam Smith tengah melewati sebuah bangunan tua yang kondisinya sudah tidak terawat dan mulai ditumbuhi lumut di setiap sudutnya.

Saat pandangannya tiba di salah satu jendela, Adam mengaku melihat sesosok bayangan dengan wajah menyeramkan sambil melihat ke luar jendela.(Express.co.uk)

Ia pun mulai mengambil foto bangunan tersebut yang dulunya merupakan sebuah rumah sakit bagi para korban Perang Dunia Kedua. Saat pandangannya tiba di salah satu jendela di lantai atas, Adam mengaku melihat sesosok bayangan dengan wajah menyeramkan yang tengah menatap ke luar jendela. Horor!

"Saya menangkap bayangan hantu di Radnor Lunatic Asylum di Brecon," katanya. 

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (1/4/2016), Radnor Joint Counties Lunatic Asylum dulunya adalah sebuah rumah sakit jiwa yang terletak di Talgarth, Wales, Inggris.

Rumah sakit tersebut pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1903 oleh Rt Hon. Awalnya didedikasikan untuk merawat para pasien dari Distrik Brecknoshire dan Radnorshire pada Perang Dunia Pertama.

Kemudian selama Perang Dunia Kedua, rumah sakit tersebut beralih fungsi menjadi rumah sakit perang bagi para pasien dari Rumah Sakit Cardiff City Mental.

Pascaperang dunia kedua, Rumah Sakit Radnor kemudian beralih fungsi sebagai kamp tawanan perang bagi para tentara Jerman. 

Selain itu, rumah sakit tersebut juga digunakan bagi para prajurit yang mengalami depresi akibat perang, yang menjadi pemabuk bahkan lupa ingatan.

Untuk menyembuhkan semua masalah tersebut, para dokter kala itu menggunakan prosedur medis dengan cara memasukkan alat medis ke dalam rongga mata untuk memotong saraf di bagian depan otak atau yang disebut lobotomi.

Saat pandangannya tiba di salah satu jendela di lantai atas, Adam mengaku melihat sesosok bayangan dengan wajah menyeramkan sambil melihat ke luar jendela.(Express.co.uk)

Dengan prosedur itu dipercaya dapat menyembuhkan gangguan jiwa dan membuat pasien lebih tenang dan siap kembali ke kehidupannya.

"Mungkin dulunya ia pasien yang melakukan prosedur lobotomi atau pasien perang. Atau bisa jadi seorang tahanan Nazi. Apa pun itu, sosok wajah menyeramkan tersebut membuat saya ketakutan," lanjut Adam.

Awalnya lobotomi berhasil memberikan kesembuhan bagi pasien. Namun ada 1 pasien yang dikatakan telah meninggal akibat bagian tengkorak kepalanya retak hingga memutuskan saraf kepalanya.

Penampakan wajah penuh luka di bekas rumah sakit jiwa kini menjadi viral setelah Adam memposting foto-fotonya di Facebook. Namun apa yang dilakukan pria ini membuat para pejabat daerah dan warga setempat memintanya untuk menghapusnya.

Mereka khawatir akan banyak ratusan orang yang mendatangi kota mereka dan mencoba untuk berburu hantu di Rumah Sakit Radnor yang telah ditutup selama lebih dari 15 tahun tersebut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.