Sukses

Unik, Mandi Perdana Kura-kura Berusia 184 Tahun

Kura-kura bernama Jonathan dimandikan untuk pertama kalinya setelah 184 tahun. Bagaimana reaksi kura-kura itu?

Liputan6.com, Saint Helena - Memandikan hewan merupakan hal biasa bagi kebanyakan orang yang memelihara hewan. Tapi lain ceritanya kalau hewan peliharaan itu belum pernah dimandikan selama 184 tahun lamanya.

Dikutip dari laman resmi pemerintah Saint HelenaSelasa (29/3/2016), peristiwa unik dan bersejarah itu berlangsung pada hari Sabtu, 19 Maret lalu.

Untuk pertama kalinya, seekor kura-kura raksasa bernama Jonathan dimandikan oleh pengasuhnya, Dr. Joe Hollins.

Dilihat dari usianya, Jonathan diduga adalah hewan tertua yang masih hidup di planet Bumi. Ia bahkan dipandang sebagai harta berharga bagi negara tersebut.

Sementara itu, sang dokter menjelaskan alasan mengapa sang 'kakek' harus dimandikan. Dokter hewan tersebut melakukannya setelah memandikan seekor kura-kura betina di Plantation House di pulau tersebut.

Sebelumnya Joe mengobrol dengan spesialis kura-kura untuk menentukan cara pembersihan, yakni dengan menggosok dengan lembut dengan pola memutar dengan bahan yang tak menggerus.

Kura-kura ini dimandikan untuk pertama kalinya setelah 184 tahun. (Sumber cuplikan video pemerintah Saint Helena)

“Alasannya hanya demi keindahan. Kami ingin para tamu dan wisatawan datang ke pulau ini untuk menyaksikan kura-kura dalam bentuk aslinya, bebas dari lumut dan kerak di cangkangnya,” ungkap sang dokter.

“Banyak yang tertarik dengan Jonathan, yang merupakan hewan paling tersohor di Pulau Saint Helena, dan kami ingin para pengunjung yang melihatnya dalam keadaan terbaik,” lanjutnya.

Joe telah membangun hubungan dekat dengan hewan itu setelah memberikan makan dengan tangan kosong selama beberapa tahun terakhir.

“Ia menanggapi suara saya dan kami memiliki ikatan khusus. Saya memeriksanya setiap minggu dan memberikan makanan berupa sayuran dan buah-buahan segar, memastikan 'kakek' tua ini mendapatkan asupan gizi dan cairan yang cukup.”

Letak pulau Saint Helena di selatan Samudra Atlantik. (Sumber Google Maps)

“Sebagai seorang dokter hewan, merawat Jonathan merupakan penghormatan besar. Ia dikenal sebagai hewan tertua di dunia. Saya gemar dengan hewan dan memelihara Jonathan. Ini menjadi pengalaman paling unik dalam karir saya.”

Rata-rata seekor kura-kura hanya dapat mencapai usia 150 tahun. Dengan demikian, Jonathan sudah mendapatan perpanjangan lebih dari 3 dekade.

Saksikan pengalaman unik sang dokter hewan saat memandikan sang Jonathan di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.