Sukses

Jepang Punya Penduduk Paling Panjang Umur, Indonesia?

The Telegraph mengeluarkan peta yang menggambarkan tingkat harapan hidup negara-negara di dunia. Bagaimana dengan Indonesia?

Liputan6.com, London - Hampir semua orang berkeinginan memiliki jiwa dan raga sehat, berumur panjang, serta bahagia. Namun tak semuanya dapat mencapai keinginan tersebut.

Berbagai hal dapat menghambat, salah satunya karena lingkungan atau dalam lingkup yang lebih besar, yaitu negara, yang tak mendukung. Misalnya saja kemiskinan, sulitnya memenuhi kebutuhan dasar, atau keadaan negara yang tak stabil karena konflik maupun perang.

Baru-baru ini The Telegraph mengeluarkan peta yang menggambarkan tingkat harapan hidup di dunia. Dari data tersebut, dapat dilihat negara-negara yang memiliki penduduk dengan usia paling panjang hingga yang rendah.

Berdasarkan peta tersebut, dapat dilihat bahwa rata-rata penduduk Bumi hidup 54 - 84 tahun.

Hasil dari studi tersebut mengungkapkan bahwa Afrika merupakan satu-satunya benua di dunia yang memiliki negara dengan tingkat harapan hidup di bawah 60 tahun, dengan jumlah 28 negara.

Tingkat harapan hidup terendah terdapat di Sierra Leone dengan rata-rata usia 46 tahun, diikuti oleh negara Lesotho, Angola, Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Demokratik Kongo, Somalia, Cote d'Ivoire, Mozambik, Guinea-Bissau, Nigeria dan Swaziland.

Namun terdapat negara-negara di Afrika yang memiliki tingkat harapan hidup cukup tinggi. Negara tersebut yaitu Namibia (67 tahun), Maroko (71), Mesir (71), Algeria (72), Libya (75), dan Tunisia (76).

Peta sebaran tingkat harapan hidup di dunia 2016 (Foto: Telegraph Travel).

Rekor negara di mana penduduknya hidup paling lama dipegang oleh Jepang, dengan rata-rata usia hingga 84 tahun. Diikuti oleh negara dengan tingkat harapan hidup hingga 83 tahun, yaitu Andorra, Australia, Swiss, Italia, Singapura, dan San Marino.

Tingkat harapan hidup di Eropa masih tergolong baik, namun jika bergerak ke arah timur benua tersebut maka rata-rata usianya akan semakin rendah.

Warga Jerman memiliki rata-rata usia hingga 81 tahun, Polandia (77), Ukraina dan Belarus (71), hingga yang terendah berada di Rusia dengan usia 69 tahun.

Lalu, berapakah tingkat harapan hidup di Indonesia? Berdasarkan peta tersebut, diketahui bahwa Indonesia memiliki penduduk dengan rata-rata usia 70-an.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.