Sukses

Korsel Laporkan Kasus Virus Zika Pertama

Virus dibawa oleh seorang pria berusia 43 tahun yang baru-baru ini pulang dari Brasil.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan melaporkan kasus Virus Zika pertama kalinya di Negeri Ginseng itu. Virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk itu berkaitan dengan cacat lahir dan masalah kesehatan lainnya.

Virus dibawa oleh seorang pria berusia 43 tahun yang baru-baru ini pulang dari Brasil. Ia didiagnosa terkena Zika setelah serangkaian gejala seperti demam, nyeri otot dan kemerahan di kulit yang merupakan gejala orang terkena virus tersebut.

Hal itu disampaikan oleh kementerian kesehatan Korea Selatan untuk urusan pengendalian dan pencegahan penyakit.

 

Penyakit tropis yang telah menyebar di seluruh Amerika Lain dan Karibia itu biasanya membuat penderitanya mengalami sakit ringan, demikian seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (22/3/2016)

Namun, bulan lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan virus Zika sebagai darurat internasional.

Hal itu dikaitkan dengan sejumlah kelahiran anomali pada bayi seperti kepala kecil atau mikrosefalus dan penyakit syaraf langka, Guillain-Bare yang menyebabkan disabilitas hingga kematian. Virus itu juga merebak di 40 negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.