Sukses

Inilah Makna di Balik Pembangunan Kompleks Baru Kedubes Australia

Pembangunan kompleks baru kedubes Australia di Jakarta mempunyai makna yang sangat penting bagi hubungannya dengan RI.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop tengah berada Indonesia untuk meresmikan kompleks kedutaan besar negaranya yang baru di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Pemerintah Australia membangun kompleks kedubes yang megah sebagai simbol dalamnya hubungan Indonesia dan Australia.

Kompleks Kedubes Australia di Patra Kuningan mencakup gedung perkantoran 5 lantai, fasilitas untuk staf Kedubes, dan juga pusat rekreasi serta kesehatan yang luasnya melebihi 50.000 meter persegi.

Pembangunan infrakstruktur dilakukan oleh perusahaan RI, Total Bangun Persada, bekerja sama dengan Leighton (Asia). Pembangunan ini juga membutuhkan setidaknya 2.500 pekerja untuk memperbaiki infrastruktur di area sekitar kedutaan.

Menurut Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, bangunan tersebut menandai perluasan jejak diplomatik Australia yang juga mencakup fasilitas lainnya seperti konsulat-jenderal di Bali dan juga yang akan dibuka dalam waktu dekat di Makassar.

“Kedubes ini memperlihatkan hal terbaik dari rancangan inovatif dan teknologi canggih Australia yang memanfaatkan sebaik-baiknya lingkungan hidup Indonesia sementara meminimalisasi dampak terhadap sumber air dan energi setempat,” ia mengatakan melalui rilis dari media pers yang dilakukan di Kedutaan Australia, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2016).

Kompleks Kedubes pun di buat dengan bentuk desain yang menarik dan unik sehingga terlihat jelas kedekatan dan kenyamanan antar kedua negara.

“Kompleks Kedubes Australia tidak hanya membuktikan desain kreatif dan inovasi kreatif Australia, namun juga contoh nyata kemitraan pembangunan Australia-Indonesia yang sangat berhasil,” tutup Dubes Grigson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini