Sukses

Pendidikan Kuba Terbaik se-Amerika Latin

Besarnya dedikasi pemerintah Kuba terhadap pembangunan pendidikan membuat kualitas pendidikan di Negeri Cerutu itu terbaik se-Amerika Latin. Seluruh biaya penyelenggaraan ditanggung negara.

Liputan6.com, Havana: Meski didera krisis ekonomi sejak awal 1990-an, Kuba tetap menaruh perhatian besar terhadap pembangunan pendidikan. Bahkan, kebijakan Presiden Fidel Castro sanggup mempertahankan sistem pendidikan di negara itu sebagai yang terbaik di kawasan Amerika Latin hingga kini. Dengan begitu, sistem ini layak dijadikan model pendidikan bagi negara di dunia ketiga.

Menurut laporan Kementerian Pendidikan Kuba, baru-baru ini, 98 persen penduduk setempat telah mengenal aksara. Persentasi itu jauh di atas mayoritas negara di kawasan Amerika Latin. Dengan kata lain, pendidikan di Kuba berada pada level yang sama dengan di Amerika Serikat dan Eropa.

Dalam sistem pendidikan tersebut, setiap warga negara usia sekolah wajib menempuh pendidikan. Untuk itu, rakyat Kuba tak perlu mengkawatirkan masalah biaya. Pasalnya, seluruh biaya penyelenggaraan pendidikan ditanggung negara, termasuk penyediaan gedung dan tenaga pengajar. Selain itu, pemerintah juga menyediakan peralatan sekolah dan makanan bagi dua juta siswa di Negeri Cerutu itu.

Komitmen di bidang pendidikan tersebut juga tetap berlanjut meski anggaran pemerintah untuk perbaikan sekolah menurun sejak lima tahun terakhir. Untuk itu, pemerintah tetap berupaya mengalokasikan anggaran lebih besar lagi sehingga peningkatan populasi warga usia sekolah dapat diimbangi dengan jumlah gedung. Selanjutnya, pemerintah juga berniat meneruskan program pendistribusian sekitar 300 ribu unit monitor televisi dan komputer produk Cina kepada sejumlah sekolah dan rumah-rumah.(SID/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.