Sukses

Penampakan Meteor Berwarna Hijau di Atas Langit Inggris

Kilatan berwarna hijau mengarah dari selatan ke utara itu tampak selama beberapa detik, meninggalkan jejak magnesium berwarna putih.

Liputan6.com, Jakarta - Penampakan meteor berwarna hijau terjadi dini hari di langit Inggris belum lama ini.

Saksi mata menggambarkan benda di angkasa sebagai kilatan berwarna hijau mengarah dari selatan ke utara selama beberapa detik, meninggalkan jejak magnesium berwarna putih.

Penampakan telah dilaporkan terjadi dari London, Hampshire, Stafford hingga pesisir pantai Inggris sekitar pukul 03.16 Waktu Greenwhich.

Dilansir, BBC, Kamis (17/3/2016), saksi menggambarkan meteor sebagai sesuatu yang spektakuler, sementara dr John Mason dari British Astronomical Association mengatakan cahayanya sangat terang hingga bisa dikategorikan sebagai bola api.

Ia percaya benda tersebut sebagai batu kosmik yang hampir bisa pastikan berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Ia juga mengatakan warna hijau disebabkan oleh meteor yang membara oksigen di atmosfir Bumi.

"Meteor semacam ini umumnya jarang sekali terjadi," lanjutnya. Mengatakan bahwa kejadian itu terjadi sekali seminggu di atas langit Inggris.

Richard Kacerek, dari UK Meteor Observation Network mengatakan kepada BBC telah mendapatkan laporan dari saksi mata dari seluruh penjuru Inggris.

Ia mengatakan kamera milik observasi di Church Crookham di Hamshire berhasil menangkap meteor tersebut dari sisi barat.

Ini merupakan penampakan meteor terbesar yang pernah direkam," ungkap Kacerek.

"Kejadian itu berlangsung selama beberapa detik. Terlihat dari kejauhan hingga 400 mil. Kami telah mendapatkan sejumlah laporan melalui email terkait meteor tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa jaringan penggemar astronomi mencatat adanya sekitar 10 hingga 15 meteor setiap tahun.

Seorang astronom dari Institute of Cosmology and Gravitation dari University of Portsmouth, dr karen Masters, mengatakan ribuan benda seperti itu jatuh ke Bumi hampir setiap hari.

Sebagian besar benda jatuh di atas laut atau wilayah tak berpenghuni di berbagai belahan dunia. Jarang sekali meteor terlihat di atas wilayah yang padat di Bumi dan begitu terang."

Dia juga menambahkan ukuran meteor bergantung pada kecepatannya, tapi kemungkinan besar yang terlihat di langit Inggris sebesar bola tenis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.