Sukses

'Mesin Waktu', 120 Tahun Lalu di Universitas Tertua Tiongkok

Shanghai Jiaotong University menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Tiongkok.

Liputan6.com,China - Shanghai Jiaotong University didirikan pada 1896 melalui putusan kekaisaran dari Kaisar Guangxu. Sebelumnya Jiatong University dikenal sebagai Sekolah Negeri Nanyang.

Sejak itu, meskipun universitas ini telah mengalami pasang surut dalam dunia pendidikan, Jiaotong telah menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Tiongkok.

Shanghai Jiaotong University menjadi salah satu universitas paling bergengsi di China.(Shanghaiist.com)

Untuk menandai ulang tahunnya yang ke-120, seperti dilansir dari Shanghaiist, Selasa (15/3/2016), Shanghai Jiaotong University merilis satu set foto dengan menyandingkan foto suasana kampus tempo dulu dengan zaman sekarang. 

Shanghai Jiaotong University terletak di Xujiahui. Kampus ini adalah sebuah tempat bersejarah dan pusat perdagangan dan budaya. Sebagian besar bangunan di sana sangat dipengaruhi oleh arsitektur yang ada di Amerika Serikat.

Sementara bangunan tertua, yakni gedung perguruan tinggi yang terletak di bagian tengah, dibangun pada 1898 dan sebagian lagi didirikan pada era 1920 dan 1930-an.

Shanghai Jiaotong University didirikan pada 1896 melalui dekret atau putusan kekaisaran dari Kaisar Guangxu. Sebelumnya Jiatong University dikenal sebagai Sekolah Negeri Nanyang.(Shanghaiist.com)

Setelah didirikan, Shanghai Jiaotong University pertama kali dibuka untuk para perempuan pada tahun 1927.

Shanghai Jiaotong University terletak di Xujiahui. Sebuah tempat bersejarah dan pusat perdagangan dan budaya. Sebagian besar bangunan di sana sangat dipengaruhi oleh arsitektur yang ada di Amerika.(Shanghaiist.com)

Pihak universitas mengatakan begitu banyak para mahasiswa alumni yang mengungkapkan rasa bangganya telah menjadi lulusan dari Shanghai Jiaotong University.

Pihak universitas mengatakan begitu banyak para mahasiswa alumni yang mengungkapkan rasa bangganya telah menjadi lulusan dari Shanghai Jiaotong University.(Shanghaiist.com)

"Kemarin saya pergi ke Jiaoda dengan kehormatan, hari ini menjadi sebuah kehormatan untuk Jiaoda," begitu kata pepatah.

Salah satu mahasiswa Shanghai Jiaotong University yang dulunya pernah bermain di kompetisi NBA asal Tiongkok adalah Yao Ming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini