Sukses

Cari Kerja di Sekolah, Pedofil Buron Belanda Dibekuk Polisi

Pieter Ceulen ditangkap saat sedang mencari pekerjaan sebagai guru.

Liputan6.com, Phnom Penh - Padofil Belanda yang sudah dijatuhi hukuman 19 tahun penjara dan buron ditangkap di Phnom Penh, ibu kota Kamboja.

Pieter Ceulen ditangkap saat sedang mencari pekerjaan sebagai guru, menurut koran Belanda De Telegraaf.

Ceulen dijatuhi hukuman oleh pengadilan Belgia pada Januari lalu untuk perkara kejahatan seks pada anak-anak. Ia kabur saat berada dalam jaminan.

Pria berusia 60 tahun tersebut nantinya akan diserahkan ke otoritas Belanda dan Belgia.

"Dia kini ditahan di kantor polisi di ibu kota Kamboja setelah pengacaranya menegosiasikan penyerahan dirinya dengan pemerintah Kamboja," menurut laporan Phnom Penh Post yang dikutip dari BBC, Sabtu (12/3/2016).

Ceulen ditahan saat berkunjung ke sekolah di Siem Reap, sambil mencari pekerjaan sebagai guru.

Seorang sukarelawan Belgia yang menaruh kecurigaan padanya, kemudian mencari halaman Facebook untuk para tenaga ahli asing atau ekspatriat.

Ia lalu mengenali Ceulen sebagai pedofil yang sedang dicari.

Ceulen dijatuhi hukuman in absentia karena mendistribusikan pornografi anak dan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur. Dia juga dituduh melakukan kekerasan pada anak-anak di Kamboja dan Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini