Sukses

Kodok Kanibal Memangsa Sesamanya, Apa Itu Wajar?

Seorang warga Lismore, NSW menemukan sesuatu yang mengherankan, kodok memangsa sesama jenisnya. Apa itu wajar?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang cukup mengherankan muncul di dunia maya memperlihatkan seekor kodok memangsa sesama jenisnya.

Kejadian itu secara tak sengaja ditemukan oleh Callan Snow, 23 tahun, ketika sedang berjalan di halaman belakang rumahnya di Lismore, NSW, Australia, yang katanya terdapat banyak kodok.

Callen Snow sesuatu yang mengherankan, seekor kodok memangsa sesama jenisnya. (Dailymail)

Melihat kejadian itu,Snow, cemas bahwa kodok tersebut tak akan mampu melahap sesama jenisnya itu. Ia kemudian mengambil hewan amfibi tersebut dan melemparnya ke semak-semak.

"Insiden itu terjadi dekat kakiku, lalu aku menunduk untuk mengambil foto," ungkapnya kepada 7News. "Aku tidak percaya hal itu terjadi bisa terjadi."

Dilansir, Daily Mail, Jumat (11/3/2016), ketika itu Snow sedang bersama saudara, dan mereka memperhatikan kodok hijau selama satu jam, karena mereka berpikir bahwa pemangsa akan mati keracunan karena memakan kodok cane tersebut.

"Di sini banyak kodok cane berkeliaran di malam hari, dan dekat rumah," ungkapnya. Kami harus memastikan pintu rumah selalu tertutup."

Kejadian itu ia temukan di belakang halaman rumahnya. (Dailymail)

Herpatologis dari Universitas Sydney, dr Matthew Greenlees, mengatakan kepada Daily Mail Australia bahwa hewan amfibi berwarna cokelat adalah seekor kodok burrowing yang tidak mematikan.

Kodok burrowing merupakan hewan asli Australia, dan dapat ditemukan bersembunyi di semak-semak mencari mangsa invertebrata. 

Greenlees juga mengatakan bahwa sikap kanibal yang diperlihatkan oleh kodok pohon tidak mengherankan.

"Umumnya, kodok pohon hijau tidak pilih-pilih terhadap makanannya, apapun yang bergerak dan sekiranya muat dalam mulut mereka akan memangsanya," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.