Sukses

Michelle Obama Akan Hadiri Pemakaman Mantan Ibu Negara AS

Liputan6.com, Washington DC - Wanita Nomor Satu di Amerika Serikat, Michelle Obama akan menghadiri pemakaman mantan Ibu Negara di Negeri Paman Sam, Nancy Reagan. Rencananya prosesi itu akan dilakukan pada Jumat pekan ini.

"Michelle Obama akan menghadiri pemakaman Nancy Reagan," kata seorang pejabat Gedung Putih, Senin 7 Maret 2016.

"Ia akan dimakamkan di samping suaminya, Presiden AS ke-40 Ronald Reagan, di Ronald Reagan Presidential Library di California," kata para pejabat seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/3/2016).

Pihak Ronald Reagan Presidential Foundation menuturkan bahwa Nancy Reagan akan disemayamkan di Ronald Reagan Presidential Library pada Rabu dan Kamis, 8-9 Maret. Lalu dimakamkan secara pribadi rencananya pada Jumat 11 Maret.

Nancy Reagan, mantan aktris yang sangat melindungi suaminya melalui karir Hollywood, berada 8 tahun di Gedung Putih. Ia meninggal pada hari Minggu 6 Maret di usia 94 tahun.

"Penyebab kematian Nancy Reagan adalah gagal jantung kongestif. Dia meninggal di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat," ujar juru bicara Ronald Reagan Presidential Library.

Bendera Setengah Tiang

Sementara itu, di Washington, Presiden AS Barack Obama memerintahkan bendera negara dikibarkan setengah tiang. Baik di Gedung Putih, gedung-gedung publik, pos militer dan fasilitas lainnya.

"Sebagai tanda hormat," jelas pihak Gedung Putih pada Senin 7 Maret.

Nancy Reagan menjadi salah satu wanita nomor satu yang paling berpengaruh dalam sejarah AS, selama masa jabat kepresidenan suaminya pada 1981-1989.

Suaminya, yang memanggil Nancy "Mommy," sementara ia memanggilnya "Ronnie," meninggal pada lebih dulu pada tahun 2004 setelah perjuangan panjang melawan penyakit Alzheimer -- gangguan otak progresif yang menghancurkan memori.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Artikel Selanjutnya
Bahas Terorisme, Donald Trump Undang PM Najib ke AS
Artikel Selanjutnya
Prancis Gelar Jamuan Mewah dan Parade Militer untuk Donald Trump