Sukses

Karyawan Ungkap 8 'Rahasia' Hotel Mewah

Kehidupan karyawan hotel tak seglamor kehidupan para tamunya. Banyak hal-hal menarik dan unik yang dapat dijadikan pelajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang sering menggunakan fasilitas hotel, kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap ditambah dengan pemandangan ke luar kamar yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang datang.

Dengan semakin maraknya bisnis perhotelan sekarang ini, tentunya banyak dari para pengembang yang gencar membangun hotel-hotel mewah, yang kini harganya relatif terjangkau. 

Sayangnya semua kemewahan tersebut tidak sebanding dengan apa yang telah dilakukan oleh para pekerja hotel agar kamar siap menyambut tamu yang baru.

Berikut ini beberapa kesaksian dari para karyawan hotel yang ditulis dalam situs Reddit, yang dilansir dari News.com.au, Sabtu (5/2/2016):

1. Hotel Mewah Pasti Bersih?

Furnitur kamar mandi tak perlu mahal untuk membuatnya terlihat cantik

 

Tentunya saat kita menginap di sebuah kamar hotel, yang terpikir pertama kali adalah kebersihan. Mungkin ada dari Anda yang curiga bila kamar yang ditempati tak sebersih yang terlihat. Dan itu memang benar.

Kaca di dalam kamar mandi contohnya. Ternyata, benda itu tidak dibersihkan setiap hari. Bila dibersihkan itu pun hanya cukup dibilas di bawah kucuran air keran.

Soal selimut, jarang sekali dicuci. Salah satu petugas lebih memilih mengeluarkannya dari kamar dan melemparkanya ke lantai setelah Anda tiba. Jadi hati-hatilah dengan apa yang Anda sentuh berada di hotel.

2. Kondom Tak Ada, Sarung Tangan pun Jadi

Foto ilustrasi: meninggalkan hotel

 

Salah satu karyawan sebuah hotel menceritakan kejadian saat ia tengah bertugas di front desk. Malam itu, datang panggilan telepon dari penthouse suite.

"Apakah kami bisa dikirimkan kondom ke kamar," cerita petugas hotel.

"Manajer lalu bilang pada saya, bahwa itu tidak ada, dan mempersilahkan tamu tersebut untuk mencarinya ke pompa bensin terdekat." SPBU biasanya dilengkapi dengan toko kelontong.

Beberapa menit kemudian, telepon pun kembali berdering. Dari ruangan yang sama, tamu yang menginap meminta dikirimkan sebuh sarung tangan lateks. Entah untuk apa.

Porter pun langsung diberangkatkan.

3. Kebohongan Soal Usia

Dalam satu tahun, kamar sebuah hotel dihuni oleh lebih dari ribuan orang. (therichest.com)

 

Salah satu petugas hotel juga menceritakan telepon dari pasangan muda yang memesan kamar. 

Saat ditanya berapa usianya, suara dari balik telepon tersebut mengaku berusia 21 tahun dan 17 tahun.

Merasa curiga, petugas lalu memeriksa identitas keduanya. Ternyata, yang mengaku sudah berusia 21 tahun melakukan kebohongan. 

Ia masih berusia 18 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Larangan Bawa PSK ke Kamar Hotel

4. Larangan Bawa PSK ke Hotel

Jika Anda menginap di hotel, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi. Di antaranya dilarang berteriak atau memaki staf hotel, meninggalkan barang di tempat terbuka, membuka pintu tanpa tahu terlebih dahulu siapa yang ada di baliknya, dan banyak lagi.

Namun di sebuah kota, ada penetapan larangan yang meminta para tamunya untuk tidak membawa seorang wanita panggilan ke dalam kamar.

Keputusan tersebut ditetapkan bersama oleh 15 sampai 20 perusahaan perhotelan yang ada di kota tersebut.

5. Sikap Tamu yang Diharapkan Karyawan Hotel

Kehidupan karyawan hotel tak seglamor kehidupan para tamunya. Banyak hal-hal menarik dan unik yang dapat dijadikan pelajaran saat menginap.(News.com.au)

Seorang karyawan sebuah hotel menceritakan pengalamannya ketika seorang tamu menanyakan di mana tempat makan yang enak.

Setelah ia mendapatkan infonya, 4 hingga 5 jam kemudian, tamu itu kembali dan langsung mengatakan bahwa ia baru saja keluar untuk urusan bisnis.

"Saat itu saya sudah mempersiapkan diri untuk dimarahi, jika referensi yang saya infokan kurang berkenan," cerita karyawan hotel tersebut.

Yang terjadi malah sebaliknya. Tamu tersebut meletakkan sebuah kantong kertas cokelat di atas meja yang isinya ternyata makanan.

"Dia bilang, dia menghargai usaha saya. Kata-kata berikutnya yang keluar adalah hal yang paling indah yang pernah saya dengar selama saya bekerja".

Katanya," Saya pikir Anda mungkin lapar, jadi saya pesan semua makanan penutup yang ada di dalam menu," kata tamu tersebut.

"Jika Anda suka, Anda dapat merekomendasikan menu tersebut ke tamu berikutnya," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Dilarang Sok Seleb

6. Jangan Bersikap Sok Selebritas

Adalah wajar jika seorang tamu hotel ingin mendapatkan pelayanan yang memuaskan saat menginap. Contohnya bila meminta handuk lebih, bantal dan selimut, wi-fi di hotel, dan banyak lagi.

Namun alangkah baiknya jika semua permintaan tersebut dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak berlagak seolah-olah publik figur atau selebritis terkenal.

Jika ada sesuatu yang belum beres di dalam kamar, bisa langsung menghubungi petugas hotel di front desk

7. Jangan Muntah Sembarangan

Mual dan muntah tak selalu karena hamil. (Foto: Telegraph)

 

Forum di situs Reddit berisi semua aktivitas kotor yang dilakukan para tamu. Termasuk menggunakan sudut ruangan untuk buang air kecil.

Lalu ada lagi seorang perempuan yang tengah ada urusan bisnis di sebuah hotel, buang air kecil di lantai dengan tatakan koran di bawahnya.

Insiden kotor lainnya ketika seorang wanita mabuk muntah di wastafel kamar mandi. Ia lakukan itu karena terlalu mabuk atau malas untuk berjalan kaki ke toilet.

"Air muntahan berwarna abu-abu dan hitam sampai keluar dari wastafel," tulis petugas hotel.

8. Hati-hati Penipuan

Ilustrasi Penipuan Kartu Kredit (Liputan6.com/M.Iqbal)

Dalam situs Reddit, seorang karyawan hotel menceritakan, suatu malam, ada panggilan telepon yang mengatasnamakan pihak front desk, meminta nomor kartu kredit dari para tamu yang menginap.

Saat tamu mengatakan akan ke front desk untuk memberitahukan nomor kartu kreditnya, si penelepon mengancam, "Jangan meninggalkan kamar, kalau Anda nekat melakukannya, ada polisi yang menunggu Anda."

Setelah tamu hotel memberitahu nomor kartu kreditnya, uang sebesar US$ 3.000 atau sekitar Rp 38.9 juta digasak para penipu tersebut.

 *** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini