Sukses

Fenomena Unik Salju Berwarna Biru

Timbunan-timbunan salju berwarna biru bermunculan di kota ini. Mengapa demikian?

Liputan6.com, Mackinaw City - Pemandangan unik terlihat di Teluk Mackinac, Michigan, AS. Di sana terlihat timbunan-timbunan salju berwarna biru, bukan putih seperti aslinya.

Tampilan tak biasa ini menarik perhatian banyak orang yang tengah berada di lokasi tersebut. Salah satunya, seperti dikutip dari MLive pada Senin (29/2/2016), adalah seorang wanita dan tunangannya yang tengah duduk di suatu restoran pada akhir pekan pertengahan Februari lalu.

Kelly Alvesteffer dan Rob LaLone begitu kagum melihat pemandangan indah yang terhampar di luar restoran. Keduanya yang merupakan juru foto tim olahraga Cedar Springs Public Schools tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengabadikannya.

Puluhan foto diunggah ke laman Facebook mereka, beberapa di antaranya bahkan dipakai oleh situs resmi Mackinac Bridge. Pasangan itu tidak menduga mendapati respons tinggi. 

"Kami terkejut melihat betapa menyebarnya unggahan itu. Ada satu hal, kami tidak mengetahui apakah salju biru itu normal atau tidak," ucap LaLone.

Fenomena alam menakjubkan menyebabkan salju tampak berwarna biru. (Sumber johnxavier.com)

Jadi, mengapa salju itu tampak berwarna biru?

Menurut Dinas Geologi AS, warna itu bisa muncul karena beberapa faktor dan berkaitan dengan ukuran serta bentuk molekul-molekul kristal es nya, dan bagaimana interaksinya dengan cahaya.

Seorang warga Mackinaw bernama Liza Signor mengaku pernah melihat fenomena alam berupa es biru seperti ini sebelumnya. Ia menuturkan, pemandangan itu mudah terlihat ketika saljunya mulai bertumpuk.

"Biasanya tidak kelihatan sampai akhirnya bergumpalan begitu. Minggu lalu, masih terlihat pemandangan air membentang di depan rumah kami. Cepat sekali berubahnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini