Sukses

3 Orang Hebat yang Mengharumkan Nama Indonesia di Luar Negeri

3 individu ini berkontribusi untuk RI. Membawa nama baik Indonesia ke mancanegara. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang Indonesia dengan talenta dan kelebihan yang dapat dipromosikan ke kancah internasional, untuk membuat Tanah Air lebih di kenal.

Namun terkadang mereka yang berbakat menemukan kendala, tidak mendapatkan pengakuan cukup dari dalam negeri. Meski nama mereka sudah lebih dikenal di luar Indonesia, pun demikian dengan potensinya yang lebih dihargai oleh orang-orang di negeri lain.

Kendati mendapatkan akreditasi berskala global dan kurang mendapat apresiasi dari Tanah Air, banyak dari individu berbakat tersebut tetap berpegang teguh kepada kecintaannya untuk Indonesia. Mereka pun dengan bangga memperkenalkan diri dari mana tempat kelahirannya.

Berikut ini 3 orang hebat yang mengharumkan nama Indonesia di luar negeri:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dunia Balap

Rio Haryanto

Rio Haryanto

Nama Rio Haryanto sudah tak asing lagi, karena belum lama ini pria kelahiran Surakarta itu mewakili Indonesia di ajang Formula One (F1) bersama tim Manor. Pemuda yang sudah 4 tahun berkompetisi di ajang GP2 Series ini juga sempat meraih 3 kemenangan sebelumnya.

Pemilik Manor Racing Team, Stephen Fitzpatrick pun senang Rio akan bergabung dan berduet dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein.

"Kami sungguh senang Rio bergabung dengan Manor Racing Team tahun 2016 ini. Rio sudah biasa balapan go kart sejak umur 6 tahun," tutur Fitzpatrick kepada Daily Mail.

Rio akan tampil untuk pertama kalinya sebagai pembalap F1 di ajang Australian Grand Prix, Melbourne, Victoria tanggal 20 Maret nanti.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas dukungan yang terus mengalir sejak awal. Ajang balapan di Melbourne adalah momentum yang besar untuk saya, untuk Indonesia dan juga para pendukung di Tanah Air. 2016 adalah waktu yang tepat untuk saya mewakili Asia di F1," jelas Rio seperti dikutip dari CNN.

3 dari 3 halaman

Dunia Musik

Anggun C Sasmi

Anggun C. Sasmi

Siapa yang tak kenal dengan Anggun Cipta Sasmi, wanita berdarah Jawa dan bersuara merdu itu berhasil merilis album pertama ‘Snow on the Sahara’ yang diakui di perindustrian musik internasional. Ia menikah dengan seorang insinyur asal Prancis, Michel Georgea dan memilih tinggal di kota Paris. Sebelumnya mereka sempat berdomisili di kota London setahun.

Anak dari seorang penyanyi dan produser ternama di Indonesia, Darto Singo, itu bertekad untuk meneruskan jejak ayahnya di industri musik. Sukses memang sudah mendarah daging di keluarganya.

Albumnya yang dirilis pada tahun 1997, Au non de la lune mengangkat lagu dalam berbagai bahasa, termasuk Prancis, Inggris dan Indonesia.

Lagu-lagunya sangat terkenal di Prancis dan juga Belgia. Ia pun melakukan tur dengan penyanyi barat lainnya seperti, Sarah McLachlan dan Erykah Badu.

Vatikan bahkan sempat mengundangnya untuk menyanyi di ajang konser Natal tahun 2000 akhir. Walaupun nama Anggun sudah cukup melambung di Indonesia, ia tak lantas puas dan terus berkarya.

"Saya mengimpikan karir berskala internasional. Tetapi saya sadar perusahaan rekaman AS dan Inggris tidak akan jauh-jauh datang ke Indonesia untuk mencari orang berbakat, karena sudah banyak di sana. Jadi, saya yang harus terbang ke sana dan menunjukan kebolehan saya," imbuhnya seperti dikutip dari situs resmi anggunworld.

Joey Alexander

Joey Alexander (via joeyalexandermusic.com)

Josiah Alexander Sila, pianis jazz kelahiran Bali ini tampil memukau di ajang Grammy Awards 2016. Usianya yang kini baru 12 tahun membuat penonton di Microsoft Theatre, Los Angeles pada hari Senin, 15 Februari 2016 lalu terpesona akan kehebatannya memainkan alat musik piano.

Bocah yang kerap dipanggil dengan nama Joey ini autodidak mempelajari teknik bermain piano jazz dengan improvisasinya sendiri. Kemantapan dalam bermain piano berhasil membuat namanya tercantum dalam tangga lagu Billboard Jazz.

Laman situ resmi Billboard bahkan menyebutnya sebagai ‘Keajaiban Indonesia’.

Pemain trompet Jazz asal Amerika Serikat, Wynton Marsalis mengaku ia sangat kagum dengan cara Joey memainkan piano.

"Saya tidak pernah mendengar seseorang bermain begitu bagus. Saya rasa tidak ada yang pernah bisa main piano seperti Joey," Marsalis menceritakan kepada cbsnews pengalamannya pertama kali mendengarkan Joey bermain.

Sebelumnya, Joey pun pernah tampil untuk mantan Presiden AS ke-42, Bill Clinton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini