Sukses

Top 3: 'Pembunuh Wangi' Ini jadi Paling Hits

Tak disangka, pengharum ruangan seperti lilin wangi dan minyak panas penyebar bau segar yang biasa diletakkan di rumah ternyata 'pembunuh'.

Liputan6.com, Jakarta - Tak disangka, pengharum ruangan seperti lilin wangi dan minyak panas penyebar bau segar yang biasa diletakkan di rumah ternyata adalah salah satu sumber polusi udara. Hal itu diklaim oleh periset dan membuat penasaran para pembaca Liputan6.com.

Artikel tersebut pun menjadi yang paling hits di kanal Global edisi Selasa (23/2/2016).

Berita lain terkait orang-orang terkaya dari berbagai abad dan suara siulan misterius dari sisi tergelap bulan juga menjadi yang paling banyak diburu.

Berikut selengkapnya dalam Top 3 Global:

1. 'Pembunuh Wangi' Ini Berkeliaran di Sekitar Kita

Seorang wanita bekerja di pabrik lilin citronella di Sao Joao da Boa Vista, Brasil, Jumat (12/2/2016). Virus zika yang sudah menyebar membuat penjualan lilin citronella, yang merupakan lilin pengusir nyamuk mengalami kenaikan. (REUTERS/Paulo Whitaker)

Polusi udara penyebab kematian ternyata tak hanya terjadi di kawasan industri. Namun juga di dalam rumah. Bagaimana bisa?

Salah satunya dari penyemprot udara untuk keperluan rumah tangga biasanya menggunakan zat kimia yang lazim disebut Volatile Organic Compounds (VOCs). Zat itu biasanya berbentuk padat dan cair, tapi saat disemprot bisa menguap ke udara.

Riset terbaru di York, Inggris menemukan kadar tinggi VOC yang disebut limonene, yang biasa dipakai untuk penyegar ruangan dan lilin harum yang memiliki wangi lemon sitrun.

Selengkapnya di sini...

2. Orang-orang Terkaya Dari Berbagai Abad

Ilustrasi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kekayaan tak lekang dimakan waktu, namun sulit ditaksir nilainya. Sejumlah penelitian telah dilakukan sepanjang sejarah untuk menentukan siapa orang-orang terkaya. Namun hal ini hampir mustahil untuk dilakukan.

Satu-satunya cara untuk menentukan kekayaan seseorang selama ratusan tahun lalu hanya berdasarkan kisah, legenda, atau catatan tertulis sejenisnya. Namun, guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah daftar 'orang terkaya' dari abad ke abad, diawali dari abad ke-11.

Selengkapnya baca di sini...


3. Misteri Siulan Aneh Terdengar dari Sisi Tergelap Bulan

Awak Apollo 10 di Kennedy Space Center. (NASA)

Kaset audio dari misi Apollo 10 pada 1969 belum lama ini dirilis. Rekaman tersebut mengungkapkan suara-suara aneh ketika awak sedang melintas sisi terjauh dan paling gelap Bulan.

Pada saat itu semua komunikasi antara para astronot dengan Bumi terputus.

Ketika itu, awak kapal Apollo 10-- Thomas Stafford, John Young dan Eugene Cernan -- sedang melakukan perputaran Bulan yang ke-31 mengelilingi satelit Bumi itu. Pada saat itulah para astronot mendengar suara yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Rekaman itu baru muncul, karena umumnya NASA akan menyimpan informasi rahasia yang telah mereka dapatkan dan menelitinya di kemudian hari. Sementara itu, jika sekiranya tidak perlu diumbar ke masyarakat mereka menutup-nutupi data tersebut.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.