Sukses

Tahukah Anda? 15 'Fakta' Ini Ternyata Mitos Belaka

Pernah mendengar bahwa lidah punya permukaan yang dibagi merasakan manis, asam, asin, pahit? Ternyata hal itu hanya sekedar mitos.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang kita kira fakta ternyata pada kenyataannya hanyalah mitos. Misalnya, terkait Tembok Besar Tiongkok yang konon terlihat dengan mata telanjang dari Bulan.

Atau benarkah Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte memiki tubuh pendek, sampai-sampai melahirkan istilah 'Napoleon Complex' -- fenomena psikologis ketika seorang pria bersikap agresif, haus kekuasaan, untuk menutupi kekurangan fisiknya.

Berikut sejumlah hal yang diyakini manusia, namun ternyata mitos belaka, seperti dikutip dari News.com.au, Senin (22/2/2016).

1. Lidah Mempunyai Beberapa Bagian

Lidah adalah indra pengecap manusia, yang membantu dalam proses percernaan makanan juga punya andil dalam tindakan bicara.

Banyak dari kita yang percaya bahwa lidah memiliki bagian yang berfungsi untuk merasakan jenis rasa yang berbeda: asin, manis, pahit, maupun asam.

Foto: Mirror

Tapi, pada kenyataannya, lidah tidak mempunyai bagian spesifik berdasarkan jenis rasa.

2. Napoleon Bertubuh Pendek

Pada 2-12-1804, Napoleon Bonaparte mengangkat dirinya sendiri sebagai Kaisar Prancis. Ia menjadi orang pertama yang menyandang gelar itu dalam jangka waktu ribuan tahun.

Pria kelahiran Korsika itu dikenal sebagai ahli strategi militer terbaik dengan ambisi menggelegak. Napoleon kerap digambarkan sebagai sosok yang suka memerintah atau 'bossy' untuk menutupi rasa rendah diri gara-gara tubuhnya yang pendek.

 

Napoleon Bonaparte (Wikipedia)

Faktanya, meski tidak mempunyai tubuh menjulang untuk ukuran Eropa, Napoleon memiliki tinggi 170 cm -- tinggi rata-rata masyarakat Prancis kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tembok China dan Amukan Banteng

3. Tembok Besar China

Tayangan kartun "Ripley Believe It or Not!" pada tahun 1932 menyebut Tembok Besar China adalah sebuah karya agung manusia, satu-satunya yang akan terlihat dengan mata telanjang dari Bulan.

Sejak itulah, klaim mencuat, bahwa bangunan sepanjang 8.851 km itu -- yang terpanjang sepanjang sejarah manusia, bisa disaksikan dari luar angkasa. 

Benarkah demikian?

foto: themysteriousworld

 

Satelit bumi itu berada dalam jarak 230.000 mil atau 370.000 kilometer dari planet manusia.

Bahkan Bumi sekalipun terlihat seperti bola biru dan putih dengan bercak kuning, coklat, atau hijau yang mengintip melalui awan yang berlimpah.

Kalaa cuaca cerah, fitur bumi yang hanya dapat dilihat mata astronot dari bulan, hanyalah wilayah yang besar seperti Jazirah Arab.

4. Banteng Membenci Warna Merah

Mungkin kita tumbuh dengan kepercayaan bahwa banteng membenci warna merah. Kenyataannya, banteng buta warna.

Matador asal Kolombia, Paco Perlaza terlihat terjatuh saat aksi melawan banteng di Festival adu banteng di Arena Canaveralejo, Cali, Kolombia, (29/12). Festival ini di adakan tiap setahun sekali menjelang akhir tahun. (REUTERS/Jaime Saldarriaga)

 

Banteng tidak bereaksi karena warna, namun karena gerakan kain yang dikibas para matador. Itu dianggapnya sebagai ancaman.

5. Minyak Membuat Pasta Tak Lengket

Banyak dari kita yang percaya bahwa dengan menambahkan minyak dalam rebusan pasta akan membuat pasta tidak lengket.

Tidak perlu lagi frustrasi dalam memasak pasta tingkat al dente.

Faktanya, minyak berfungsi untuk membuat air tidak berbusa ketika direbus.

6. Kelelawar Tidak dapat Melihat

Kelelawar memang menggunakan ekolokasi atau biasa disebut biosonar sebagai alat navigasi. Hal tersebut dilakukan karena hewan itu mempunyai kemampuan penglihatan yang rendah, bukan karena buta.

7. Kita Memiliki Lima Indra

Selama ini kita yakin, manusia memiliki 5 indra: penglihatan (mata), pengecap (lidah), pencium (hidung), pendengar (telinga), dan peraba (kulit)

Tapi sebenarnya indra kita lebih dari itu. Faktanya, kita mempunyai 20 indera, termasuk keseimbangan, bergerak, lapar, dan haus.

3 dari 4 halaman

'Belum Lima Menit'

8. Kopi Menyebabkan Dehidrasi

Mengonsumsi kopi ternyata tidak menyebabkan kita buang air kecil sesering yang dipikirkan.

Studi temukan keuntungan konsumsi dua hingga empat cangkir kopi sehari untuk kesehatan hati

Sebaliknya, efek diuretik kafein diimbangi oleh jumlah air yang dikonsumsi pada minuman berkafein tersebut.

9. Mitos Alkohol

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa kebiasan orang Eropa mengonsumsi alkohol untuk membuat tubuhnya hangat. Faktanya, alkohol justru dapat membuat suhu badan kita menurun.

Fakta lainnya, meski meminum alkohol terlalu banyak tidak baik untuk tubuh, namun belum ada bukti yang menunjukkan bahwa hal tersebut dapat membahayakan kapasitas sel otak.

Namun, alkohol dapat berbahaya hingga mematikan sel otak pada pecandu alkohol yang mengandalkan minuman ini sebagai sumber kalorinya.

10. 'Belum Lima Menit'

Mungkin ketika ada makanan yang terjatuh kita sering berkata 'belum lima menit', mengambilnya, dan kemudian memakannya.

Sebenarnya bakteri yang mengontaminasi makanan tidak tergantung pada seberapa lama dia berada di jatuh lantai, namun dari seberapa banyak lantai tersebut terkontaminasi.

11. Everest Merupakan Gunung Tertinggi di Dunia

Everest memang terkenal sebagai gunung tertinggi di dunia. Hal ini memang benar jika kita mengukur ketinggian dari permukaan laut.

foto: roughguides.com

Namun jika diukur dari dasar laut, Gunung Mauna Kea di Hawaii merupakan gunung tertinggi di dunia.

12. Kacang Tanah Termasuk dalam Jenis Kacang-Kacangan

Sebagian besar dari kita mengenal kacang tanah sebagai jenis dari kacang-kacangan.

Namun kenyataannya, kacang tanah merupakan tanaman dengan famili yang berbeda dari kacang lainnya. Famili tersebut bernama Leguminosae.

4 dari 4 halaman

Valentine, Hari Kasih Sayang

13. Jingle Bells adalah Lagu Natal

Mungkin kita sering mendengar lagu Jingle Bells diputar saat natal. Namun sebenarnya, lagu tersebut sebenarnya menceritakan tentang musim dingin dan Thanksgiving.

14. Valentine Berkaitan Erat dengan Kasih Sayang

Di beberapa tempat di dunia, tanggal 14 Februari dikenal dengan Hari Valentine atau hari kasih sayang. 

Namun, Valentine mungkin berlatar kisah kelam. Faktanya, Gereja Katolik mengakui ada 3 santo atau orang suci bernama Valentine atau Valentinus.

Valentine pertama hidup pada era Kaisar Romawi Claudius II -- yang melarang para tentara muda menikah, agar mereka tak 'melempem' di medan tempur.

Namun,"Uskup Valentine melanggar perintah itu dan menikahkan salah satu pasangan secara diam-diam. Ia dieksekusi mati saat sang penguasa mengetahui pernikahan rahasia itu."

Ternyata, beda negara beda juga tradisi merayakan Valentine.


Saat ia dipenjara, legenda menyebut bahwa pria asal Genoa itu lantas jatuh cinta dengan putri orang yang memenjarakannya. Sebelum dieksekusi secara sadis, ia membuat surat cinta pada sang kekasih. Yang ditutup dengan kata, 'Dari Valentine-mu'.

Valentine yang lain adalah seorang pemuka agama di Kekaisaran Romawi yang membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II. Saat dipenjara, ia mengembalikan penglihatan seorang gadis yang buta -- yang kemudian jatuh cinta padanya. Valentine yang itu dieksekusi penggal pada 14 Februari.

Yang ketiga adalah uskup yang saleh dari Terni, yang juga disiksa dan diekselusi selama pemerintahan Claudius II, juga tanggal 14 Februari -- di tahun yang berbeda. Baca kisah selengkapnya di tautan ini.

15. Nikotin Meninggalkan Noda di Gigi

Mungkin sering kita dengar bahwa nikotin yang terkandung pada rokok menimbulkan noda pada bibir, gigi, maupun gusi. Faktanya, nikotin tidak berwarna. Noda tersebut diakibatkan karena tar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.