Sukses

Top 3 Global: Kegiatan Matahari dalam 1 Tahun Paling Diburu

Goddard Space Flight Center mengambil foto kegiatan matahari selama setahun dan mengubahnya menjadi klip video pendek. Intip hasilnya?

Liputan6.com, Jakarta - Goddard Space Flight Center milik NASA belum lama ini merilis time lapse -- atau sekumpulan foto yang diambil dengan periode beraturan, kemudian disusun jadi klip video pendek-- kegiatan Matahari di tahun 2015.

Hal itu dilakukan dengan mengambil sekumpulan foto setiap 12 detik dalam 10 jarak gelombang yang berbeda dari Solar Dynamics Observatory (SDO) yang diluncurkan pada tahun 2010. Gambar-gambar itu mampu menangkap kegiatan Matahari yang memiliki suhu lebih dari 555537,778 derajat Celcius.

Berita tentang kegiatan matahari selama satu tahun telah menarik perhatian pembaca Liputan6.com, kanal Global edisi, Senin (22/2/2016).

Menyusul berita tersebut, dua artikel menarik lainnya yang tak kalah seru dan menyedot minat para pembaca adalah penampakan cahaya misterius di langit Victoria, Australia dan makhluk-makhluk mirip monster yang menghuni kama tidur Anda.

Top 3 Global selengkapnya: 

1.  Ini Rasanya 'Hidup' Selama Satu Tahun di Dalam Matahari

Di tahun ke-6 misi Solar Dynamics Observatory (SDO), Goddard Space Flight Center, NASA rilis time lapse kegiatan matahari di tahun 2015. (News.com.au)

Dalam video berdurasi 6 menit 31 detik, ukuran Matahari membesar dan mengecil secara perlahan. Hal ini dikarenakan jarak kapal SDO dan bintang itu yang bervariasi seiring waktu.

Menurut NASA Goddard Space Flight Center,"Secara mengherankan, gambaran Matahari tampak stabil dan konsisten, meskipun SDO mengorbit Bumi dalam 6.876 mph sementara Bumi mengelilingi matahari dalam 67.062 mph."

 

Selengkapnya...

 

2. Penampakan Cahaya Misterius di Langit Victoria, Meteor?

Seorang penguji kamera sedang menjajal kamera baru dan tidak sengaja merekam peristiwa langka jatuhnya meteor ke laut.

Ada penampakan tak bisa dari rekaman seorang pria yang tengah menguji sebuah perangkat body camera atau kamera yang terpasang pada tubuh. Terlihat sekelebat cahaya di langit dekat pantai di negara bagian Victoria, Australia.

Dalam video unggahan Overwatch Security terlihat pemandangan laut yang tiba-tiba muncul sekelebat cahaya di angkasa diduga meteor menghujam ke laut.

 

Selengkapnya...

 

3. Makhluk Mengerikan Mirip Monster Ini Menghuni Kamar Anda

Tempat- tempat yang kotor dan lembab menjadi sarang bagi bakteri-bakteri untuk terus hidup dan berkembang biak.

Sesuatu yang dianggap bersih ternyata tak demikian jika diteliti lebih detail menggunakan alat khusus untuk memperbesarnya, mikroskop. Ada jutaan atau bahkan mungkin miliaran kuman serta bakteri yang ada di sekitar kita.

Biasanya makhluk-makhluk tak kasat mata itu hidup dan berkembang biak di tempat-tempat yang lembab, seperti kamar mandi dan tempat sampah. Namun ternyata barang-barang yang kita pakai atau bawa sehari-hari juga tidak kalah kotornya, di antaranya handuk, spons cuci piring, telepon seluler, tempat baju kotor bahkan tempat tidur.

Tanpa kita sadari, ternyata bakteri sudah seperti sahabat manusia -- berada di sekitar.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini