Sukses

18 Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan

Perubahan kecil ini membantu anda untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, atau mungkin sudah mencoba berbagai cara namun belum berhasil. Mungkin bisa dicoba tips jitu yang dirangkum Liputan6.com dari BuzzFeed, Jumat (19/2/2016).

Melalui laman tersebut, dibeberkan berbagai macam perubahan kecil yang efektif membantu menurunkan berat badan. Mulai dari bermusuhan dengan timbangan dan cermin hingga bersahabat dengan tangga dan mengurangi pemanis pada makanan.

Mengurangi makanan olahan dan meminum cukup air putih juga tak berada dalam salah satu tips tersebut.

Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hindari Timbangan dan Cermin

1. Santap Makanan di Meja Makan

Makan atau ngemil sambil duduk di kursi santai dan menonton televisi, membuat Anda secara tak sadar terus menerus ingin mengunyah. Untuk itu, cobalah menyantap makanan di meja makan, dalam kondisi seperti itu Anda akan sadar apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Hal itu juga membuat perut lebih cepat memberikan sinyal kenyang, sehingga Anda bisa berhenti makan tepat waktu.

"Saat makan di depan televisi, aku tak sadar apa saja yang sudah kutelan. Tapi ketika berada di meja makan, aku bisa tahu apa saja yang sudah aku konsumsi. Sehingga bisa berhenti makan saat perut terasa kenyang...," tulis salah satu pengguna Facebook, caitlina4c00b0abb.

2. Jauhi Timbangan

Jangan lupa niat sungguh-sungguh untuk diet demi kesehatan tubuh Anda. Fokuslah pada konsumsi makanan yang membuat tubuh sehat, seperti makan dengan porsi dan pola yang benar dan juga berolahraga.

Anggap saja berat badan yang turun sebagai bonusnya.

"Awalnya aku hanya fokus pada penurunan berat badanku. Namun, ketika aku berhenti untuk terus-menerus menimbang bobot tubuh dan fokus untuk hidup sehat, berat badanku mulai turun dan aku merasa jauh lebih baik...," tulis Jordan Panza dalam laman Facebook.

3. Berhentilah Bercermin

Untuk sementara, jauhilah cermin. Hal ini sangat membantu Anda agar tak mudah kecewa jika tubuh yang diimpikan belum juga terwujud.

Salah satu anggota Buzzfeed Community, brittat2, mengaku berhasil menurunkan 19 kg dengan menggunakan metode tersebut.

"... Baik aku maupun teman sekamarku tidak punya cermin seukuran badan. Tanpa bercermin, aku mengetahui penurunan berat badan hanya dengan merasakannya, bukan dengan melihat perubahan bentuk badanku," posting Brittat2.

"Hal ini membuatku tak patah semangat, karena tak melihat hasilnya secara langsung. Ternyata hal ini merupakan salah satu kunci kesukseskanku. Saat ini aku telah berhasil menurunkan badan sebanyak 19 kg." 

3 dari 5 halaman

Masak Makanan Hingga Bersahabat dengan Tangga

4. Pilih Makanan yang Lebih Sehat

Mungkin ada saat-saat tertentu Anda sangat ingin makan pizza. Namun Anda tahu betul bahwa makanan khas Italia dengan topping pepperoni itu memiliki kalori tinggi.

Siasati kalori tinggi itu dengan mengganti pepperoni menggunakan bayam, jagung, atau topping yang lebih sehat lainnya.

"... Dengan pinggiran kembang kol dapat memuaskan keinginanku memakan pizza," tulis Elyse Miller.

5. Jangan Makan Karena Bosan

Ketika bosan, kita cenderung mengisi kebosanan itu dengan ngemil bahkan makan. Stop kebiasaan tersebut dan gantilah dengan kegiatan lain yang lebih produktif.

"... Aku mengganti kebiasaan ngemilku dengan mewarnai kuku. Hal tersebut sangat menyenangkan. Ketika sedang berbelanja dan aku memutuskan untuk membeli bahan-bahan makanan yang lebih sehat, aku menghadiahkan diriku sendiri dengan warna cat kuku yang baru...," ujar ellielillie

6. Memasak Sendiri

Dengan memasak makanan sendiri, Anda akan bisa memilih bahan-bahan yang lebih bagus dan sehat untuk dikonsumsi. Arielle Calderon menuturkan kisah suksesnya menurunkan 38,5 kg dalam salah satu artikel BuzzFeed.

Dalam artikelnya, ia menjelaskan salah satu tips menurunkan berat badan adalah dengan memasak makanan sendiri.

"... Aku belajar memasak makanan yang mudah dengan menonton banyak sekali video memasak. Sekarang aku memasak setiap hari, membawa bekal ke kantor, dan mengganti makanan dengan menu-menu sehat..."

7. Gunakan Tangga daripada Eskalator

Salah satu anggota Buzzfeed Community, Danielle Rose, bercerita tentang kesukseskannya menurunkan berat badan hingga 18 kg. Rahasianya adalah menggunakan tangga menuju kantor yang terletak di lantai 6.

"Aku menggunakan tangga ke mana pun! Aku bekerja di lantai 6 dan berangkat lebih awal. Hasilnya, bisa menurunkan 18 kg selama 8 bulan...".

8. Langsung Menuju Tempat Olahraga

Jangan pulang dulu ketika ingin berolahraga. Sebab saat di rumah, Anda akan menemukan banyak alasan untuk bermalas-malasan seperti menonton tv dan tidur-tiduran yang merupakan godaan terbesar.

Jika Anda hendak berangkat ke gym, berangkatlah langsung dari tempat kerja Anda!

"Dari kantor, aku langsung berangkat ke gym untuk berolahraga. Jika aku mampir ke rumah terlebih dulu, keinginanku untuk berangkat ke gym menurun karena menonton film di kasur tampak lebih menyenangkan," tulis Shannon Ireland di Facebook.

"Berangkat langsung ke gym membuat aku lebih disiplin, dalam waktu kurang lebih setahun, aku dapat menurunkan berat badanku hingga 20,4 kg." 

4 dari 5 halaman

Olahraga Favorit Hingga Kurangi Kadar Gula

9.  Pilih Olahraga yang Anda Sukai

Tak usah memaksakan diri untuk pergi ke gym hanya untuk berolahraga. Carilah olahraga lain yang Anda senangi, seperti mendaki gunung, bersepeda, yoga, berenang, atau hal-hal menarik lainnya.

Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, kegiatan tersebut tidak terasa seperti berolahraga.

"Aku berhenti ke gym dan menemukan hal yang benar-benar aku senangi. Aku dapat menurunkan 13,5 kg dengan hiking, bersepeda, yoga, snowshoeing dan kayaking. Sekarang aku ketagihan berolahraga dan tidak sabar untuk melakukan kegiatan olahraga lainnya, karena aku merasa tak sedang berolahraga!" tulis MrsH810.

10. Setop Beli Makanan Ringan yang Tak Menyehatkan

Setop menyetok makanan ringan di rumah, agar Anda tidak tergoda untuk memakannya. Ganti camilan anda dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

"Makanan ringan yang aku sediakan di rumah hanya cottage cheese, triscuit crackers, buah-buahan, hummus, English muffins, dan sayur-sayuran." tulis Stephanie Butcher di laman Facebook.

11. Kurangi Gula dan Krimer pada Kopi

"Mulailah minum kopi hitam daripada menambahkan krimer dan gula," tulis Molly Smith dalam laman Facebook.

12. Hindari Meminum Soda dan Alkohol

"Aku memutuskan untuk berhenti meminum soda, setelah hampir setiap makan siang aku mengonsumsinya. Setelah dua minggu, berat badanku turun 4,5 kg!" tulis salah satu pengguna Facebook, Brittany Escobar.

13. Hargai Diri Sendiri

Sebelum menghargai orang lain, cobalah untuk memperlakukan yang terbaik pada diri sendiri. Alasannya, agar pikiran Anda selalu positif.

"Memperlakukan diri sendiri dengan baik memicu keputusan untuk memakan makanan yang lebih sehat lebih mudah untuk dijalani," tulis Jaymes Wade.

5 dari 5 halaman

Cukup Minum Air Putih Hingga Ganti Pola Diet

14. Pastikan Anda Minum Cukup Air Putih

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mendapatkan asupan air putih yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

Salah satu anggota dari BuzzFeed Community, natalieh4723cfd35 bercerita bahwa dengan meminum cukup air putih membuatnya semakin bugar. 

"... Sekarang saya merasa jauh lebih sehat dan lebih mudah berolahraga...", ungkapnya.

15. Kurangi Konsumsi Gula

Daniel P. Murphy menulis pada laman Facebook nya, "Aku menghindari mengonsumsi gula tambahan. Itu artinya aku tak boleh memakan makanan penutup seperti soda, sirup, dan sejenisnya."

"Untuk mengobati keinginanku mengonsumsi makanan manis, aku menggantinya dengan yoghurt rendah gula. Dalam waktu 40 hari disertai olahraga ringan, aku berhasil menurunkan 9 kg."

16. Berhentilah Mencoba-coba Berbagai Macam Diet

Melakukan diet tertentu memang membuat berat badan turun. Tapi tak sedikit orang kembali ke berat badan yang semula setelah berhenti melakukan pengaturan pola makan tersebut.

Untuk menghindari hal itu, berhentilah berdiet dan mulailah makan dengan porsi yang lebih sedikit serta hindari makanan olahan. Hal ini juga diyakini bisa membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

"Aku memang berhasil menurunkan berat badan dengan diet yang sangat membatasi makananku, seperti diet Dukan -- diet protein ala Prancis. Namun setelah aku memakan makanan seperti biasa, berat badanku naik lagi,"  ungkap megans4bc939b86 dalam Buzzfeed Community.

"Dengan berhenti berdiet dan mulai mengurangi porsi makan serta menghindari makanan olahan, aku merasa lebih mudah menurunkan berat badan. Rasanya jauh lebih sehat dan berat badanku juga stabil!"

17. Carilah Teman untuk Berolahraga

Awalnya mungkin berolahraga sendiri nampak menyenangkan. Namun, lama-lama kita akan merasa bosan dan menemukan titik jenuh.

Berolahraga bersama teman akan jauh lebih menyenangkan, sebab motivasi di balik aktivitas itu akan tetap terjaga.

"Salah satu temanku membentuk grup ke gym. Aku bersama teman-temanku memutuskan untuk mendaftar juga. Aku bergabung hanya untuk berkumpul dengan teman-teman daripada pulang ke rumah dan browsing. Kami mulai pergi setiap malam, dan dalam beberapa minggu aku merasakan perbedaannya," tulis Rohan Ahmeed di laman Facebook.

"Sebulan kemudian aku pindah ke tempat gym yang lebih dekat dengan rumah dan mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Sekarang, 4 tahun kemudian, aku berhasil menurunkan berat badanku hingga hampir 50 kg dan menambah 11 kg masa ototku."

18. Ubah Kata ‘Aku Ingin’ Menjadi ‘Aku Akan’

Berhentilah berangan-angan dan lakukan segera keinginanmu. Mengganti kata 'aku ingin' menjadi 'aku akan' bisa membantu untuk meraih keinginanmu. 

"Aku selalu berkata 'aku ingin terlihat seperti itu'." tulis salah satu anggota Buzzfeed Community, adubj.

"Berhentilah berandai-andai dan lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan. Mengganti kata 'aku ingin' menjadi 'aku akan' membantuku meraih tujuan yang ingin aku capai."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini