Sukses

Unik, 'Raja' Kopi Dimakamkan dalam Moka Pot

Demi menghormati upaya membuat poci kopi Italia ini menjadi, terkenal, dibuatlah moka pot besar untuk menampung abu jenazah.

Liputan6.com, Montebuglio - Penggemar kopi kemungkinan besar pernah melihat poci logam segi delapan yang kerap hadir di kedai-kedai kopi. Ternyata, poci itu merupakan temuan ayah dari seorang ‘raja’ kopi. Dan sekarang, poci itu menjadi ‘makam’ sang raja kopi.

Dikutip dari World Coffee Press pada Jumat (19/2/2016), Renato Bialetti meninggal dunia pada Kamis lalu, 11 Februari 2016, di Swiss. Ketika itu, ia berusia 93 tahun.

Ternyata, Alfonso, ayah Renato, adalah pencipta poci Moka, yaitu poci logam segi delapan yang dipakai untuk merebus kopi. Almarhum Renato menyadari kepraktisan alat itu dan menjadikannya kisah sukses.

Poci rebusan kopi ini merupakan temuan Alfonso Bialett. (Sumber bialettigroup.co.it)

Dengan kegigihannya menyebarkan penggunaan Moka, tiga orang anak Renato—yaitu Alfonso, Antonella, dan Alessandra—memutuskan untuk menyimpan abu jenasah ayahnya dalam sebuah Moka berukuran besar.

Pemakaman sang ‘raja’ kopi berlangsung di desa kelahirannya, Montebuglio, yang berjarak sekitar 60 mil kea rah barat laut kota Milan, Italia. Pemakaman itu sendiri dihadiri oleh lebih dari 200 orang. Setelah upacara, poci kopi besar itu kemudian dikuburkan dalam makam keluarga yang terletak di kawasan pemakaman di Omegna.

Ketika Renato mengambil alih bisnis keluarga, hanya ada 70.000 poci kopi yang dihasilkan sejak Alfonso mendapatkan hak paten atas ciptaannya.

Tapi Renato berani bermimpi besar. Ia meraih ruang iklan utama di sejumlah kota besar Italia dan menjadi wajah untuk merek itu dengan memakai gambar karikatur dirinya yang dijuluki L’omino con I baffe—orang mungil berkumis.

Tidak sia-sia, hingga sekarang diperkirakan ada 330 juta poci Moka terjual di seluruh dunia. Selamat jalan, Renato.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.