Sukses

Cara Jadul Bersihkan Rumah Ini Terbukti Ampuh, Penasaran?

Gin, cangkang telur, roti, kertas koran, hingga kentang parut bisa menjadi senjata ampuh untuk membersihkan rumah

Liputan6.com, Jakarta - Era Victoria adalah masa ketika Ratu Victoria memimpin Britania Raya memerintah. Periode pemerintahannya berlangsung dari tahun 1837 hingga 1901.

Pada masa itu, belum ada pembersih kimia di pasaran. Para perempuan kala itu memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia untuk memoles perabotan dan mengusir debu. Meski 'jadul', cara yang mereka lakukan ternyata ampuh.

Penasaran bahan ampuh apa yang mereka gunakan untuk membersihkan rumah? Ingin Yuk simak ulasan yang dilansir Daily Mail berikut:

Gin untuk Membersihkan Cermin

Gin merupakan bahan yang ampuh untuk membuat cermin yang sudah kotor menjadi nampak baru.

Caranya cukup celupkan kain sutera ke dalam campuran gin dan air, lalu usap perlahan ke cermin Anda.

Pilihan cermin sesuai dengan konsep rumah Anda

 

Alkohol yang terdapat dalam gin secara efektif merontokkan kotoran membandel. Dalam waktu sekejap, cermin anda kembali jernih dan bebas noda dengan bonus aroma yang menyegarkan.

 

Cangkang Telur untuk Menghilangkan Bau

Anda mempunyai masalah dengan bau membandel di termos kesayangan? Kombinasi cangkang telur dan cuka bisa menjadi solusinya.

Anda tidak akan menyangkan jika cangkang telur mempunyai segudang manfaat. Simak artikelnya.

 

Masukkan dua buah cangkang telur yang sudah dihancurkan ke dalam termos dan isi dengan cuka.

Cangkang telur berfungsi sebagai pengikis sisa-sisa makanan di dalam termos. Sementara, cuka adalah penghilang bakteri alami. Kocok termos dan biarkan hingga beberapa jam, lalu bilas dan keringkan. Hasilnya termos Anda bebas bau dan kerak membandel pun hilang.

Roti untuk Membersihkan Debu

Membersihkan debu di tempat-tempat yang sulit dijangkau bukan hal yang mustahil lagi. Cukup dengan membuat bola-bola dari roti tawar dan tekan-tekan ke tempat yang berdebu.

Jika Anda sering mengonsumsi roti tawar putih untuk sarapan, ada baiknya mulai membatasi, karena roti ini ternyata bahaya bagi kesehatan.

 

Kandungan air di dalam roti akan membuat debu menempel di permukaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jurus Koran dan Kentang

Membersihkan Jendela dengan Koran

Punya koran yang tidak terpakai? Manfaatkan untuk membersihkan jendela!

Caranya isi botol dengan air dan cuka (perbandingan 1:1) dan semprotkan pada jendela yang kotor.

Beraneka ragam kerajinan tangan dari kertas koran bekas yang tidak terpakai dirumah.

Cuka berfungsi menghilangkan kotoran dan lemak yang membandel. Setelah itu, gosok jendela dengan kertas koran yang sudah diremas.

Kertas koran terbukti dapat mengeringkan jendela dengan cepat tanpa meninggalkan bekas. Hasilnya anda mendapatkan jendela yang berkilau dan bebas noda.

Kentang Parut untuk Menghilangkan Noda

Bingung karena karpet kesukaan anda terkena tetesan lilin? Asam oxalic yang terkandung pada kentang terbukti dapat menghilangkan noda tersebut.

Parut dua buah kentang kemudian taruh di dalam wadah dan masukkan satu gelas air. Pindahkan air rendaman tersebut ke dalam wadah berbeda yang sudah berisi air dan tinggalkan cairan tersebut selama satu jam.

Fotografer harus peka untuk mengambil sudut yang tepat agar foto yang dihasilkan memiliki nilai seni yang tinggi.

Celupkan kain bersih ke dalam cairan tersebut, gosok perlahan di tempat yang terdapat noda dan biarkan kering. Setelah kering, usap tempat tadi dengan lap basah untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba tips-tips tadi?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.