Sukses

Dubes India: Indonesia Negara yang Paling Saya Inginkan

Dalam menjalankan tugas barunya, Negcha mematok target besar. Dia ingin India-Indonesia saling melengkapi satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan India di Jakarta punya pimpinan baru. Selama beberapa tahun ke depan perwakilan negara terbesar di Asia Selatan itu akan dikepalai oleh Duta Besar Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya.

Dalam menjalankan tugas barunya, Negcha mematok target besar. Dia ingin India-Indonesia saling melengkapi satu sama lain.

Hal itu, kata Nengca, bisa terwujud dengan dijalankannya kerja sama-kerja sama yang sudah ada antara kedua negara. Termasuk di antaranya penguatan hubungan di bidang SDM, ekonomi, teknologi, keamanan, pencegahan terorisme, lingkungan, iklim dan kebudayaan.

"Dalam semua sektor itu kedua negara banyak melakukan kerja sama," ucap Nengcha di Hotel JW Marriot Jakarta, Rabu, (16/2/2016) malam.

"Tugas saya adalah untuk membangun fondasi semua hubungan kerja sama itu, dan saya butuh dukungan Anda semua untuk menjalankan mandat saya," katanya.

Nengcha menambahkan, dalam menjalankan tugasnya sebagai duta besar, ada faktor pendorong yang diyakini ampuh untuk mewujudkan misinya itu. Faktor pendukung itu adalah tercapainya cita-citanya yaitu bertugas di Tanah Air.

"Terima kasih sudah menerima saya di sini. Indonesia sejak awal sudah masuk daftar negara tempat saya bertugas, yang saya inginkan sejak saya menjadi diplomat," ucap dia.

Nengcha menyatakan keinginannya untuk ke Indonesia bukan datang tanpa alasan. Dasar kuatnya adalah RI dan India punya banyak kesamaan terkait di bidang sejarah dan budaya.

Kesamaan ini diyakini akan jadi faktor menguntungkan bagi Indonesia dan India. Pasalnya, di masa depan 2 negara bisa saling tukar pemikiran dan filosofi lebih sering lagi.

"Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan terutama di bidang tekstil dan bumbu rempah. Ada banyak sekali hubungan yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata," ia menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.